Kamis 09 Jun 2022 16:11 WIB

Ubah Panduan Pencegahan Cacar Monyet, CDC Hapus Anjuran Pakai Masker Bagi Pelancong

Sebelumnya, CDC menganjurkan pelancong memakai masker untuk pencegahan cacar monyet.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Memakai masker (ilustrasi). CDC AS telah menghapus anjuran memakai masker dalam panduan pencegahan cacar monyet karena menyebabkan kebingungan di masyarakat.
Foto:

Selain itu, orang harus menghindari makan atau menyiapkan daging dari hewan buruan serta menggunakan produk yang berasal dari hewan liar asal Afrika. Masyarakat juga diserukan untuk menghindari kontak dengan bahan yang terkontaminasi yang digunakan oleh orang sakit atau yang bersentuhan dengan hewan terinfeksi.

CDC menaikkan tingkat kewaspadaannya untuk cacar monyet ke level dua pada Senin (6/6/2022). Hingga 3 Juni, ada 35 kasus cacar monyet yang dilaporkan di AS. Ratusan di antaranya telah dilaporkan di Eropa dan banyak negara lain secara global.

photo
Asal usul cacar monyet. - (Republika)

Meskipun sebagian besar kasus cacar monyet baru terlihat pada pria gay atau biseksual, para ahli memperingatkan bahwa siapa pun berpotensi berisiko. Orang biasanya terinfeksi virus monkeypox melalui kontak dengan lesi kulit atau cairan tubuh hewan, manusia yang terinfeksi, termasuk kontak pernapasan atau melalui kontak dengan bahan yang terkontaminasi virus.

Terkait dengan cacar, monkeypox memiliki gejala lebih ringan. Beberapa dari gejala tersebut termasuk demam, menggigil, ruam dan nyeri sebelum lesi berkembang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement