Rabu 15 Jun 2022 17:15 WIB

Rusia Ledakan Gudang Senjata NATO di Lviv

NATO sudah meningkatkan pengiriman senjata ke Ukraina.

Rep: Fergi Nadira/Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Rusia mengatakan pada Rabu (15/6/2022) bahwa misilnya menghancurkan gudang amunisi untuk senjata yang disumbangkan oleh negara-negara Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Lviv, barat Ukraina.
Foto:

Rusia hendak menekan keunggulannya dalam pertempuran memperebutkan wilayah timur Ukraina. Kantor berita Interfax mengutip Pusat Pengelolaan Pertahanan Nasional Rusia Mikhail Mizintsev yang mengatakan akan membiarkan warga sipil keluar dari pabrik itu melalui koridor kemanusiaan.

Ukraina mengatakan sekitar 500 warga sipil terjebak bersama pasukannya di dalam pabrik kimia Azot. Di mana pasukan Ukraina menggelar perlawanan selama berminggu-minggu dari pengeboman dan serangan Rusia.

"Ini semakin sulit, kami militer kami menahan musuh dari tiga arah sekaligus," kata Gubernur Luhansk Serhiy Gaidai yang mencakup Kota Sievierodonetsk di internet.

"Mereka mempertahankan Sievierodonetsk dan tidak membiarkan mereka maju ke Lysychansk," katanya tentang kota kembar yang masih dikuasai Ukraina di seberang sungai Siverskyi Donets.

"Namun demikian, Rusia semakin dekat dan masyarakat menderita dan rumah-rumah mereka hancur," tambahnya.

Luhansk merupakan satu dari dua provinsi di Ukraina timur yang diklaim dikuasai separatis pro-Rusia. Di Luhansk dan Donbas yang merupakan daerah industri Ukraina menjadi pusat serangan Rusia setelah Moskow gagal merebut Kiev.

Staf jenderal Ukraina mengatakan pasukannya masih membalas serangan Rusia di Sievierodonetsk. Intelijen Inggris mengatakan pasukan di pabrik kimia dapat bertahan di bawah tanah dan pasukan Rusia tampaknya akan fokus ke pabrik itu, mencegah mereka mengerahkan tembakan di tempat lain.

 

Laporan-laporan dari medan tempur tidak dapat diverifikasi secara independen. Apa yang terjadi setelah tenggat waktu ultimatum Rusia juga belum diketahui.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement