Kamis 16 Jun 2022 15:37 WIB

Covid-19 Masih Bercokol, Korea Utara Dilanda Wabah Lain

Warga wilayah pertanian Korea Utara diserang wabah saluran pencernaan.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Wabah penyakit yang menyerang pencernaan pada warga di sebuah wilayah pertanian muncul saat Korea Utara tengah berjuang mengendalikan pandemi Covid-19. Kim Jong-un pun memerintahkan pengiriman obat untuk warga yang mengalami pandemi usus akut tersebut.
Foto:

Salah satu tawaran yang tidak dipedulikan oleh Korut, menurut pejabat itu, adalah soal penyediaan vaksin Covid-19. Pyongyang, Ibu Kota Korea Utara, telah setiap hari mengumumkan jumlah pasien yang mengalami demam.

Hanya saja, otoritas tidak menyebut mereka sebagai pasien Covid-19. Tampaknya itu terjadi karena kurangnya alat pengujian.

Kalangan pakar juga curiga bahwa angka-angka yang dilaporkan media yang dikendalikan pemerintah lebih kecil dari keadaan sebenarnya. Korut pada Kamis melaporkan ada 26.010 orang lagi yang mengalami gejala demam.

Jumlah keseluruhan pasien demam yang tercatat di negara itu sejak akhir April telah mencapai hampir 4,56 juta orang. Jumlah total kematian tercatat 73 orang.

Korea Utara mengatakan gelombang Covid-19 telah menunjukkan tanda-tanda penurunan. Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meragukan pernyataan Pyongyang awal bulan ini dan meyakini bahwa keadaan di negara itu justru sedang memburuk.

sumber : Antara, Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement