Sabtu 18 Jun 2022 09:53 WIB

China Luncurkan Kapal Induk Generasi Baru Buatan Sendiri

Kemampuan kapal induk Fujian dianggap menyaingi kapal induk Barat.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ani Nursalikah
Asap warna-warni tanpak dalam upacara peluncuran kapal induk baru China yang ketiga bernama Fujian di Shanghai, Jumat (17/6/2022). Fujian merupakan kapal induk yang didesain dan dibangun seluruhnya di China. China Luncurkan Kapal Induk Generasi Baru Buatan Sendiri
Foto:

Penamaan kapal induk baru ini merujuk pada provinsi Fujian di pantai tenggara negara itu. Penggunaan nama wilayah ini mengikuti tradisi setelah penamaan dua kapal induk sebelumnya yang merujuk pada provinsi Liaoning dan Shandong.

Kapal induk pertama China adalah kapal Soviet yang digunakan kembali. Sedangkan yang kedua dibangun di Cina tetapi berdasarkan desain Soviet. Keduanya dibangun untuk menggunakan metode peluncuran "ski-jump" untuk pesawat, dengan tanjakan di ujung landasan pendek untuk membantu pesawat lepas landas.

Sedangkan Type 003 menggunakan peluncuran ketapel, yang menurut para ahli, sistem tipe elektromagnetik seperti yang awalnya dikembangkan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat (AS). Kantor Berita resmi pemerintah China Xinhua mengonfirmasi, Fujian menggunakan sistem elektromagnetik dalam sebuah laporan pada peluncuran Jumat.

Sistem seperti itu mengurangi tekanan pada pesawat daripada sistem peluncuran ketapel tipe uap yang lebih tua. Penggunaan ketapel berarti kapal akan dapat meluncurkan lebih banyak jenis pesawat, yang diperlukan bagi China untuk dapat memproyeksikan angkatan laut dalam menunjukan kekuatan pada jangkauan yang lebih besar.

"Ketapel ini memungkinkan pesawat yang dikerahkan untuk membawa muatan senjata yang lebih luas selain tangki bahan bakar eksternal," kata Rahmat.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement