Sabtu 18 Jun 2022 09:53 WIB

China Luncurkan Kapal Induk Generasi Baru Buatan Sendiri

Kemampuan kapal induk Fujian dianggap menyaingi kapal induk Barat.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ani Nursalikah
Asap warna-warni tanpak dalam upacara peluncuran kapal induk baru China yang ketiga bernama Fujian di Shanghai, Jumat (17/6/2022). Fujian merupakan kapal induk yang didesain dan dibangun seluruhnya di China. China Luncurkan Kapal Induk Generasi Baru Buatan Sendiri
Foto:

Tapi, dalam laporannya kepada Kongres AS tahun lalu tentang kemampuan militer China, Departemen Pertahanan mengatakan, program pengembangan kapal induk sangat penting untuk pengembangan lanjutan angkatan laut China menjadi kekuatan global. "Secara bertahap memperluas jangkauan operasionalnya di luar Asia Timur menjadi kemampuan berkelanjutan untuk beroperasi pada rentang yang semakin lama," ujar laporan itu.

"Kapal induk China dan kapal induk lanjutan yang direncanakan, setelah beroperasi, akan memperluas cakupan pertahanan udara di luar jangkauan sistem rudal pesisir dan kapal dan akan memungkinkan operasi kelompok tugas pada rentang yang semakin lama," kata Departemen Pertahanan AS.

Dalam beberapa tahun terakhir, China telah memperluas kehadirannya ke Samudra Hindia, Pasifik Barat, dan sekitarnya. China mendirikan pangkalan luar negeri pertamanya selama dekade terakhir di negara Tanduk Afrika Djibouti, ketika AS, Jepang, dan lainnya juga mempertahankan kehadiran militernya. 

 

https://apnews.com/article/beijing-china-shanghai-government-and-politics-6ce51d1901b3a5658cc9ef7e62b65000?utm_source=Connatix&utm_medium=HomePage

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement