Jumat 29 Jul 2022 01:05 WIB

Australia Tingkatkan Koordinasi Hadapi Cacar Monyet

Cacar monyet jadi penyakit menular yang signifikan secara nasional di Australia

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Karikatur Cacar Monyet.
Foto:

Di luar Afrika, cacar monyet menyebar terutama pada pria yang berhubungan seksual dengan pria, atau homoseksual. Hal ini membuat klinik kesehatan seksual waspada untuk kasus baru.

"Saya ingat dengan jelas saya mengatakan bahwa 'Saya pikir saya akan mati,' karena saya tidak bisa makan, saya tidak bisa minum. Saya bahkan tidak bisa menelan ludah saya sendiri," kata Harun Tulunay, seorang advokat kesehatan seksual yang dirawat di rumah sakit karena monkeypox atau cacar monyet di London awal bulan ini, dan dia telah pulih.

Cacar monyet tidak menyebabkan kematian dalam jumlah besar secara global. Tim Direktur Institut Kesehatan Global di Universitas Jenewa, Antoine Flahault, telah membuat model tiga skenario untuk beberapa bulan mendatang, terkait penularan berkelanjutan antara pria yang berhubungan seksual dengan pria. Termasuk kelompok  yang lebih rentan, seperti anak-anak, atau antara manusia dan hewan.

Skenario terakhir mempertaruhkan pembentukan reservoir cacar monyet pada hewan di negara-negara baru, seperti yang terjadi di bagian barat dan tengah Afrika. Penularan yang berkelanjutan juga dapat menyebabkan mutasi yang membuat virus lebih efisien menyebar pada manusia.

Pada Selasa (26/7), para ilmuwan Jerman merilis sebuah studi menjelang peer review yang menemukan mutasi pada salah satu dari 47 kasus yang mereka urutkan. Mutasi ini menyebabkan penyebaran cacar monyet pada manusia menjadi lebih mudah.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement