Sabtu 03 Sep 2022 14:50 WIB

FBI Temukan 11 Ribu Dokumen Rahasia Pemerintah di Kediaman Pribadi Trump

FBI juga menemukan 48 folder kosong yang diberi label "rahasia".

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Dokumen yang terkait dengan surat perintah penggeledahan untuk perkebunan Mar-a-Lago mantan Presiden Donald Trump di Palm Beach, Florida, difoto Kamis, 18 Agustus 2022. Hakim Hakim AS Bruce Reinhart setuju untuk membuat dokumen publik, termasuk lembar sampul surat perintah itu , mosi Departemen Kehakiman untuk menyegel dokumen dan perintah hakim yang mengharuskannya untuk disegel.
Foto:

Selain itu, juga ditemukam 90 map kosong. Dari jumlah tersebut, 48 di antaranya bertanda "claasified". Sementara yang lain mengindikasikan bahwa mereka harus dikembalikan ke staf sekretaris/ajudan militer.  Tidak jelas mengapa folder itu kosong, atau apakah ada catatan yang hilang.

Catatan lain yang tidak disegel adalah pengajuan tiga halaman oleh Departemen Kehakiman yang memperbarui pengadilan tentang status peninjauan tim investigasi atas dokumen yang disita. Pengajuan tertanggal 30 Agustus itu, mengatakan para penyelidik telah menyelesaikan tinjauan awal dari barang-barang yang disita dan akan menyelidiki lebih lanjut, termasuk mewawancarai lebih banyak saksi.  

Investigasi kriminal Departemen Kehakiman berpotensi ditunda jika Cannon setuju menunjuk seorang master khusus untuk melakukan tinjauan pihak ketiga yang independen terhadap dokumen yang disita.

Namun, Cannon memberi isyarat bahwa dia mungkin bersedia mengizinkan pejabat intelijen AS untuk meninjau materi sebagai bagian dari penilaian kerusakan keamanan nasional, jika ada seorang master khusus yang ditunjuk.  

Departemen Kehakiman menentang penunjukan seorang ahli khusus. Departemen Kehakiman mengatakan, catatan tersebut bukan milik Trump dan dia tidak dapat mengklaim bahwa catatan tersebut dilindungi oleh hak istimewa eksekutif. 

 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement