Kamis 27 Oct 2022 08:44 WIB

Pakistan Harap Rishi Sunak Dorong India untuk Resolusi Kashmir

Selain berdarah India, Sunak juga memiliki akar Pakistan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak meninggalkan 10 Downing Street menuju House of Commons untuk Pertanyaan Perdana Menteri pertamanya di London, Rabu, 26 Oktober 2022. Sunak dipilih oleh partai Konservatif yang berkuasa untuk menggantikan Liz Truss yang mengundurkan diri.
Foto:

Machli Bazaar, diterjemahkan secara kasar sebagai pasar ikan. Lingkungan ini terkenal dengan makanan dan restorannya yang lezat. Banyak pecinta makanan berkunjung setiap tahun ke wilayah ini. 

"Terpilihnya Sunak merupakan suatu kehormatan bagi kami dan kota kami, dan kami berharap dalam beberapa hari mendatang hubungan diplomatik Pakistan dan Inggris akan membaik,” kata Hafiz Umar, yang keluarganya memiliki sejarah panjang di Machli Bazar.

Pakistan dan India memiliki sejarah hubungan yang pahit. Keduanya terlibat perang atas wilayah Himalaya yang disengketakan. Keduanya mengklaim memiliki wilayah tersebut.

Sunak belum secara terbuka berbicara tentang masalah Kashmir. Kepemimpinannya kemungkinan akan didominasi di dalam negeri oleh krisis ekonomi yang telah menyebabkan jutaan orang Inggris kesulitan untuk membayar tagihan makanan dan energi yang semakin mahal. 

“Tampaknya prioritas Rishi Sunak adalah menangani tantangan ekonomi di dalam negeri, tetapi kami berharap dia juga akan mencoba menyelesaikan masalah Kashmir, yang merupakan penyebab utama keretakan antara Pakistan dan India,” kata juru bicara pemerintah Punjab, Musarrat Jamshed Cheema.

Dari Punjab, kakek-nenek Sunak pindah ke Afrika Timur pada akhir 1930-an, sebelum akhirnya menetap di Inggris pada 1960-an. Sunak lahir pada 1980 di Southampton, Inggris. Sunak menikah dengan Akshata Murty, yang merupakan putri dari miliarder India NR Narayana Murthy. Narayana Murthy adalah pendiri raksasa teknologi Infosys. Sunak masuk dalam jajaran orang terkaya atau crazy rich di Inggris.

Mengutip daftar orang terkaya 2021 yang dirilis Sunday Times pada 2022, Rishi Sunak dan istrinya menempati peringkat 222. Total kekayaan keduanya mencapai 730 juta euro. Kekayaan itu dilaporkan bersumber dari bisnis teknologi dan investasi.

Sunak dan istrinya untuk pertama kali masuk dalam daftar 250 orang terkaya di Inggris versi Sunday Times. Peringkat tersebut menjadikan Sunak sebagai politisi pertama yang masuk dalam daftar orang terkaya di Inggris.

 

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement