Ahad 30 Oct 2022 16:10 WIB

Saksi Mata Tragedi Itaewon: Ada Sejumlah Orang yang Mulai Mendorong dengan Sengaja

Saksi mata tragedi Itaewon menyebut dorong-dorongan terasa seperti tarik tambang.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Korban meninggal insiden perayaan Halloween di distrik Itaewon, Seoul, 30 Oktober 2022. Menurut Choi Seong-beom selaku kepala pemadam kebakaran Yongsan Seoul, sedikitnya 151 orang tewas dan 82 lainnya luka-luka setelah berdesakan di daerah Itaewon, Seoul saat kerumunan besar masyarakat datang untuk merayakan Halloween.
Foto:

Diperkirakan 100 ribu orang berkumpul di Itaewon, dekat bekas markas besar pasukan militer AS di daerah yang terkenal dengan bar, kelab, dan restoran trendi. Di sanalah perayaan Halloween outdoor terbesar di negara itu sejak pandemi digelar.

Seorang yang selamat bermarga Kim mengatakan banyak orang jatuh dan terguling satu sama lain "seperti domino" setelah mereka didorong oleh orang lain di jalan sempit di dekat Hotel Hamilton Itaewon. Menurut Kim, beberapa orang berteriak "Tolong saya!" dan yang lainnya mengalami sesak napas.

Kim mengenang bagaimana ia juga menjadi korban terinjak-injak oleh orang lain selama sekitar satu jam sebelum diselamatkan, menurut surat kabar Hankyoreh yang berbasis di Seoul. Korban selamat lainnya bernama Lee Chang-kyu mengatakan dia melihat sekitar lima hingga enam pria mulai mendorong yang lain sebelum satu atau dua mulai jatuh satu per satu pada awal desak-desakan, menurut surat kabar itu.

Video yang diunggah ke media sosial dari awal malam menunjukkan anggota kerumunan yang penuh sesak bergerak perlahan di jalan berduyun-duyun di area yang sama. Video lain dari kerumunan yang penuh sesak menunjukkan orang-orang berteriak dan petugas medis darurat membawa korban ke jalan yang telah dibersihkan dari kerumunan, dan yang lain menunjukkan seseorang mencoba melarikan diri dari desakan massa dengan memanjat dinding.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement