Ahad 30 Oct 2022 16:10 WIB

Saksi Mata Tragedi Itaewon: Ada Sejumlah Orang yang Mulai Mendorong dengan Sengaja

Saksi mata tragedi Itaewon menyebut dorong-dorongan terasa seperti tarik tambang.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Korban meninggal insiden perayaan Halloween di distrik Itaewon, Seoul, 30 Oktober 2022. Menurut Choi Seong-beom selaku kepala pemadam kebakaran Yongsan Seoul, sedikitnya 151 orang tewas dan 82 lainnya luka-luka setelah berdesakan di daerah Itaewon, Seoul saat kerumunan besar masyarakat datang untuk merayakan Halloween.
Foto:

Seorang pengguna Twitter @jkaesthet1c juga mengenang pengalamannya terjebak di gang. "Aku hampir mati hari ini. Terjadi lonjakan massa. Saya bisa menjelaskan apa yang terjadi karena saya di sana. Orang-orang di ujung atas gang di Itaewon mulai mendorong. Semua orang mencoba untuk menjaga arus pada awalnya. Namun, seiring berjalannya waktu, semua orang pada dasarnya saling berhadapan, mencoba bergerak ke segala arah. Ketika orang-orang di atas mulai mendorong, orang-orang di bawah mulai jatuh seperti kartu domino," kata dia.

photo
Sebuah jalan kecil di distrik Itaewon ditutup dengan pita kuning setelah terjadi insiden akibat massa berdesakan selama perayaan Halloween, di Seoul, Korea Selatan, 30 Oktober 2022. Menurut Badan Pemadam Kebakaran Nasional, 151 orang tewas dan 82 terluka pada 29 Oktober dalam kerumunan besar pengunjung yang datang untuk merayakan Halloween. - (EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT)

Beberapa orang yang berada di teras gedung di dekatnya sempat merekam video dan tertawa. Sepertinya orang-orang di atas tidak menyadari bahwa orang-orang di bawah telah jatuh.

Dia menjelaskan kerumunan orang di atas gang sepertinya tidak mengerti bahwa kerumunan di bawah gang semakin terhimpit. Situasi pun semakin memburuk.

"Mereka terus mendorong. Saya tidak berada di paling bawah karena saya terjebak di depan bar yang disebut Waikiki, lebih dekat ke ujung atas gang," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement