Rabu 09 Nov 2022 12:54 WIB

Direktur IMF: Dunia Bisa Selamat dari Resesi dan Inflasi, Tapi tidak Krisis Iklim

Ada dua masalah yang dihadapi dunia, yaitu dampak iklim dan menggunungnya utang.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengatakan, dunia dapat bertahan dari inflasi dan resesi, tapi tidak dengan krisis iklim.
Foto:

Georgieva menjelaskan, saat ini ada dua masalah yang dihadapi, yakni dampak iklim dan menggunungnya utang di pundak negara-negara miskin. Menurut dia, penting untuk mencari jalan keluar bagi dua masalah tersebut. “Apa yang kami (IMF) simpulkan ada dua. Pertama, ada beberapa cara di mana data yang baik untuk pengurangan emisi dapat menciptakan aliran pendapatan yang dapat diprediksi untuk negara-negara dan digunakan untuk membayar utang mereka. Kedua, harus ada cara yang kredibel untuk mengesahkan pengurangan emisi di satu sisi dan kemudian apa artinya bagi mereka yang membebaskan utang – dengan kata lain, yang menerima kredit,” ucapnya.

Jika tujuannya memastikan negara-negara secara kredibel menghubungkan konservasi ekologis dan aksi iklim dengan aliran keuangan, maka, kata Georgieva, dunia harus memiliki data yang baik dan menstandarkannya. “Kemudian menjadikannya bagian dari solusi untuk krisis iklim. IMF akan terlibat dalam masalah ini,” ujar Georgia.

 

“Saya ingin mengingatkan bahwa jika ada masalah besar yang memerlukan restrukturisasi utang, itu mungkin bukan kandidat yang baik untuk aliran jangka panjang yang dapat diprediksi ini. Tetapi jika kita berbicara tentang pembayaran utang dari waktu ke waktu, bukan restrukturisasi utang saat ini, [maka] ya, kita dapat menghubungkan kredit karbon yang dihasilkan oleh negara dengan kewajiban pembayaran utang dengan cara yang membantu memecahkan dua masalah sekaligus,” kata Georgieva menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement