Ahad 11 Dec 2022 12:55 WIB

Putin Pertimbangkan Gunakan Konsep Serangan Militer AS

Rusia telah menerjunkan senjata hipersonik yang mampu melakukan serangan pendahuluan.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Presiden Rusia Vladimir Putin tiba di konferensi persnya setelah KTT Dewan Antarpemerintah Uni Ekonomi Eurasia (EAEU) di Bishkek, Kyrgyzstan, Jumat, 9 Desember 2022.
Foto:

Putin menjelaskan doktrin nuklir Rusia didasarkan pada konsep peluncuran peringatan. Konsep ini membayangkan penggunaan senjata nuklir dalam menghadapi serangan nuklir yang akan segera terlihat oleh sistem peringatan dini.

"Ketika sistem peringatan dini menerima sinyal tentang serangan rudal, kami meluncurkan ratusan rudal yang tidak mungkin dihentikan,” katanya sambil tersenyum.

"Hulu ledak rudal musuh pasti akan mencapai wilayah Federasi Rusia. Namun tidak ada yang tersisa dari musuh juga, karena tidak mungkin mencegat ratusan rudal. Dan ini, tentu saja, merupakan faktor pencegahan," ujar Putin.

Doktrin nuklir Rusia menyatakan, negara tersebut dapat menggunakan senjata nuklir jika terkena serangan nuklir atau jika menghadapi serangan dengan senjata konvensional yang mengancam keberadaan negaranya. Sejak mengirim pasukan Rusia ke Ukraina pada Februari, Putin telah berulang kali mengatakan bahwa Rusia siap untuk menggunakan semua cara yang tersedia untuk melindungi wilayahnya dan telah menolak kritik Barat terhadap serangan senjata nuklir.

"Saya mengerti bahwa sejak senjata nuklir, senjata pemusnah massal muncul, semua orang, seluruh umat manusia  khawatir apa yang akan terjadi pada planet ini dan kita semua,” katanya.

Menurut pejabat yang tidak disebutkan namanya, penasihat Presiden AS Joe Biden memandang komentar Putin sebagai perang gunakan ancaman kekuatan militer dan peringatan terselubung lainnya. Washington pun menilai Moskow dapat mengerahkan senjata nuklir taktis. Pejabat itu mencatat bahwa doktrin militer Rusia telah lama menyatakan bahwa Rusia berhak untuk menggunakan senjata nuklir sebagai tanggapan atas agresi militer skala besar.

Menteri Pertahanan Lloyd Austin mengatakan ancaman berulang Putin tidak bertanggung jawab. "Ketika Kremlin melanjutkan perang pilihannya yang kejam dan tidak beralasan melawan Ukraina, seluruh dunia telah melihat Putin terlibat dalam perang senjata nuklir yang sangat tidak bertanggung jawab,” katanya mengacu pada ancaman nuklir Putin sebelumnya tanpa membahas pernyataan terbarunya.

“Jadi jangan salah, kekuatan nuklir memiliki tanggung jawab besar untuk menghindari perilaku provokatif dan menurunkan risiko proliferasi serta mencegah eskalasi dan perang nuklir," ujarnya. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement