Ahad 08 Jan 2023 14:18 WIB

Huru-Hara Pecah, Ekstradisi Putra Gembong Kartel El Chapo ke AS Ditangguhkan

Putra El Chapo, Ovidio alias The Mouse, ditangkap di Meksiko, Kamis lalu

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Dalam dokumentasi foto pada 17 Oktober 2019 tampak Ovidio Guzman Lopez ditahan oleh petugas keamanan di Culiacan, Meksiko. Putra pemimpin kartel narkoba Sinaloa, Joaquin El Chapo Guzman, itu ditunda ekstradisinya ke AS menyusul pecahnya kerusuhan pascapenangkapannya di Meksiko, Kamis (5/1/2023).
Foto:

Sebelum penggerebekan Kamis lalu, Ovidio Guzman juga sempat dibekuk otoritas federal Meksiko pada Oktober 2019. Namun. Presiden Andres Manuel Obrador memerintahkan pembebasan Ovidio.

Obrador berdalih, hal itu diperlukan untuk menghindari pertumpahan darah lebih lanjut. Setelah Ovidio ditangkap di Culiacan, Sinaloa, Kamis lalu, huru-hara meletus di kota tersebut.

Para anggota kartel yang dipimpin Ovidio menyerang bandara setempat dan membakar sejumlah mobil. Mereka bahkan tak ragu terlibat konfrontasi bersenjata dengan pasukan keamanan Meksiko.

Sejauh ini, setidaknya 19 anggota kartel dan 10 personel militer tewas dalam baku tembak. Belum ada laporan tentang adanya warga sipil yang terluka atau tewas selama bentrokan terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement