Sabtu 04 Mar 2023 07:21 WIB

Raja Charles III akan Lakukan Kunjungan Luar Negeri Pertama ke Prancis dan Jerman

Charles dan Camilla akan ke Prancis dan Jerman pada 26-31 Maret 2023.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda
Raja Charles III dan Permaisuri Camilla meninggalkan Westminster Hall, di Istana Westminster, di mana House of Commons dan House of Lords bertemu untuk menyampaikan belasungkawa atas mangkatnya Ratu Elizabeth II di London, Senin, 12 September 2022. Charles dan Camilla akan melakukan kunjungan luar negeri pertamanya ke Prancis dan Jerman pada akhir Maret 2023.
Foto:

Kunjungan ke Prancis mungkin memiliki arti khusus bagi Charles. Charles dilaporkan telah menjalin hubungan dekat dengan Macron karena fokus bersama kedua pria itu untuk melindungi lingkungan dan memerangi perubahan iklim.

Pesan saling menghormati juga diungkapkan oleh presiden Jerman. Dalam sebuah pesan video, Steinmeier mengatakan dia terakhir bertemu Charles di pemakaman Ratu Elizabeth II. Steinmeier lalu mengundang Charles untuk mengunjungi Jerman sebagai raja.

Steinmeier mengatakan bahwa keputusan Charles untuk berkunjung setengah tahun kemudian menunjukkan betapa raja menghargai persahabatan antara orang Jerman dan Inggris. Presiden Jerman mengatakan, keputusan Charles untuk melakukan perjalanan ke Jerman dan Prancis juga merupakan isyarat penting Eropa.

"Saya ingin mengatakan kepadanya, tetapi tentu saja juga kepada semua warga Inggris, kami di Jerman, kami di Eropa, juga menginginkan hubungan yang dekat dan bersahabat dengan Inggris setelah Brexit," kata Steinmeier.

Pada November 2022, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa melakukan kunjungan kenegaraan pertama ke Inggris pada masa pemerintahan Charles. Sebelumnya, kunjungan itu juga sering dilakukan sebelum kematian mendiang Ratu.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement