Selasa 04 Apr 2023 23:52 WIB

Tanggapi Protes Malaysia, Cina Berdalih Lindungi Hak Negaranya di Laut Cina Selatan

Petronas eksplorasi minyak di Laut Cina Selatan yang diklaim wilayah Malaysia.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Peta klaim Laut Cina Selatan. Beijing mengklaim hampir semua wilayah perairan Laut Cina Selatan adalah wilayah kedaulatannya.
Foto:

Petronas mengoperasikan ladang minyak dan gas di dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) Malaysia sepanjang 200 mil. Dalam beberapa tahun terakhir, kapal-kapal Petronas telah beberapa kali berhadapan atau berpapasan dengan kapal-kapal Cina.

Pekan lalu, lembaga kajian yang berbasis di Amerika Serikat (AS), Asia Maritime Transparency Initiative (AMTI), mengungkapkan, dalam sebulan terakhir, sebuah kapal penjaga pantai Cina beroperasi di dekat pengembangan gas Kasawari Petronas di lepas pantai negara bagian Sarawak, Malaysia.

Kapal penjaga pantai Cina itu mendekat hingga berjarak 1,5 mil dari proyek tersebut. Menurut AMTI, sebuah kapal angkatan laut Malaysia disiagakan di daerah tersebut.

Terkait Laut Cina Selatan, Cina diketahui mengeklaim sekitar 80 persen dari wilayah perairan strategis itu sebagai bagian dari teritorialnya. Klaim Beijing ditentang oleh sejumlah negara Asia Tenggara, antara lain Filipina, Vietnam, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement