Senin 17 Apr 2023 12:21 WIB

Korban Terus Bertambah, 97 Tewas dan Ratusan Orang Terluka dalam Pertempuran di Sudan

Pertempuran terjadi antara militer Sudan dan kelompok paramiliter RSF.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Asap mengepul di atas kota saat tentara dan paramiliter terlibat bentrok dalam perebutan kekuasaan, di Khartoum, Sudan, Sabtu (15/4/2023).
Foto: Instagram @lostshmi via REUTERS
Asap mengepul di atas kota saat tentara dan paramiliter terlibat bentrok dalam perebutan kekuasaan, di Khartoum, Sudan, Sabtu (15/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, KHARTOUM -- Militer Sudan dan kelompok paramiliter Rapid Support Forces (RSF) masih saling menyerang di hari kedua pada Ahad (16/4/2023). Sindikat Dokter Sudan menyatakan pada Senin (17/4/2023), sedikitnya 41 warga sipil meninggal pada hari kedua serangan, sehingga jumlah korban jiwa dalam dua hari mencapai 97 orang.

Ratusan orang terluka sejak pertempuran dimulai Sabtu pada Sabtu (15/4/2023). Selain itu, puluhan pejuang RSF telah tewas.

Baca Juga

Utusan PBB untuk Sudan Volker Perthes mengatakan, bahwa baik militer dan RSF menyetujui jeda kemanusiaan selama tiga jam dalam pertempuran pada Ahad sore. Namun kekerasan terus melanda ibu kota.

Saat malam tiba, penduduk melaporkan ledakan hebat dan tembakan lanjutan, serta serangan udara yang menghantam sasaran RSF. Pertempuran berkecamuk di sekitar markas militer sepanjang hari. “Ledakan hebat dan tembakan sepanjang waktu. Pertempuran di sini (di ibu kota) tidak pernah berhenti," kata Amany Sayed, seorang warga Khartoum berusia 38 tahun.

Pertempuran sengit yang melibatkan kendaraan lapis baja, senapan mesin yang dipasang di truk, dan pesawat perang berkecamuk di ibu kota Khartoum, kota Omdurman yang bersebelahan, dan di berbagai titik nyala di seluruh negeri.

Bentrokan tersebut merupakan bagian dari perebutan kekuasaan antara Komandan Militer Jenderal Abdel-Fattah Burhan dengan Kepala Kelompok RSF  Jenderal Mohammed Hamdan Dagalo. Kedua jenderal tersebut adalah mantan sekutu yang bersama-sama mengatur kudeta militer Oktober 2021 yang menggagalkan transisi singkat Sudan menuju demokrasi.

Dalam beberapa bulan terakhir, negosiasi yang didukung secara internasional menghidupkan kembali harapan untuk transisi. Namun ketegangan yang meningkat antara Burhan dan Dagalo akhirnya menunda kesepakatan dengan partai politik.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement