Selasa 02 May 2023 19:14 WIB

Tentara Pengawalan di Uganda Tembak Mati Menteri yang Dikawalnya

Ketua parlemen Uganda mengkonfirmasi kematian Kolonel Engola.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi Penembakan. Seorang tentara nasional Uganda menembak dan membunuh seorang menteri yang sedang dikawalnya.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Penembakan. Seorang tentara nasional Uganda menembak dan membunuh seorang menteri yang sedang dikawalnya.

REPUBLIKA.CO.ID, KAMPALA -- Seorang tentara nasional Uganda menembak dan membunuh seorang menteri yang sedang dikawalnya. Kolonel Purnawirawan Charles Okello Engola, yang menjabat sebagai Wakil Menteri Gender dan Tenaga Kerja, ditembak di rumahnya pada Selasa (2/5/2023) pagi.

Belum jelas apakah ada pertengkaran antara tentara tersebut dan Kolonel Engola. Tentara tersebut, yang belum diidentifikasi secara resmi, kemudian menembak mati dirinya sendiri.

Baca Juga

Sebelum mengarahkan pistol ke dirinya sendiri, beberapa saksi mata mengatakan bahwa tentara itu berjalan di sekitar lingkungan sekitar sambil menembak ke udara. Laporan awal menunjukkan bahwa sejumlah orang mungkin terluka dan video di media sosial menunjukkan penduduk setempat berkumpul di tempat kejadian karena terkejut.

Kolonel Engola adalah seorang pejabat senior pemerintah, dan sebelumnya menjabat sebagai wakil menteri pertahanan. Ketua parlemen Uganda mengkonfirmasi kematian Kolonel Engola dalam sebuah pernyataan singkat saat memimpin sesi pagi.

"Pagi ini saya menerima kabar duka bahwa Hon Engola telah ditembak oleh pengawalnya dan kemudian menembak dirinya sendiri. Semoga jiwanya beristirahat dengan tenang. Itu adalah rencana Tuhan. Kita tidak dapat mengubah apapun," kata Anita Among kepada para anggota parlemen pada hari Selasa.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement