Kamis 04 May 2023 17:44 WIB

Ribuan Warga Afsel Minta Inggris Kembalikan Berlian yang Terpasang di Tongkat Kerajaan

Inggris diminta mengembalikan berlian yang dikenal dengan “Star of Africa”

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Persiapan penobatan Raja Charles III
Foto: AP
Persiapan penobatan Raja Charles III

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG – Ribuan warga Afrika Selatan telah menandatangani petisi daring berisi seruan agar Inggris mengembalikan berlian yang dikenal dengan “Star of Africa”. Berlian terbesar di dunia itu tersemat pada tongkat Kerajaan Inggris yang akan digenggam Raja Charles III dalam acara penobatan pada Sabtu (6/5/2023) mendatang.

“Berlian itu harus datang ke Afrika Selatan. Ia perlu menjadi tanda kebanggaan kami, warisan kami, dan budaya kami,” kata Mothusi Kamanga, seorang pengacara dan aktivis di Johannesburg yang mempromosikan petisi daring agar Kerajaan Inggris mengembalikan berlian Star of Africa, Kamis (4/5/2023).

Petisi itu telah ditandatangani 8.000 orang. “Saya pikir secara umum orang-orang Afrika mulai menyadari bahwa dekolonisasi tidak hanya membiarkan orang memiliki kebebasan tertentu, tetapi juga mengambil kembali apa yang telah diambil alih dari kami,” ujar Kamanga.

Mohamed Abdulahi, seorang warga Johannesburg yang turut menandatangani petisi daring mengungkapkan hal serupa dengan Kamanga. “Saya percaya berlian itu harus dibawa pulang karena pada akhirnya, mereka mengambilnya dari kami saat mereka menindas kami,” ucap Abdulahi.

Berlian Star of Africa memiliki berat 530 karat. Ia ditemukan di Afrika Selatan pada 1905. Pemerintahan kolonial Afrika Selatan kala itu kemudian mempersembahkannya kepada Kerajaan Inggris selaku penguasa atas negara tersebut. Secara resmi dikenal sebagai Cullinan I, berlian di tongkat itu dipotong dari berlian Cullinan, sebuah batu 3.100 karat yang ditambang di dekat Pretoria.

Potongan berlian lebih kecil dari batu yang sama, yang dikenal sebagai Cullinan II, dipasang di Imperial State Crown. Mahkota itu dikenakan oleh raja Inggris pada acara-acara seremonial. Tongkat dan mahkota tersebut disimpan bersamaan di Menara London.

Replika seluruh berlian Cullinan, yang berukuran sebesar kepalan tangan pria, dipajang di Museum Berlian Cape Town. Saat ini tengah bergulir diskusi dan perbincangan global mengenai pengembalian karya seni serta artefak yang dijarah selama masa kolonial.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement