Jumat 05 May 2023 05:15 WIB

Mengenal Union Jack yang Ramaikan Penobatan Raja Charles III

Bendera ini sering muncul dalam berbagai acara kerajaan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Pengibaran bendera Inggris pekerja di Covent Garden di London, Inggris, Sabtu (29/4/2023). Penobatan Raja Charles III Inggris berlangsung di Westminster Abbey di London pada 06 Mei 2023.
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Pengibaran bendera Inggris pekerja di Covent Garden di London, Inggris, Sabtu (29/4/2023). Penobatan Raja Charles III Inggris berlangsung di Westminster Abbey di London pada 06 Mei 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Union Jack atau dikenal sebagai Union Flag adalah bendera nasional Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara, Crown Dependencies, serta Overseas Territories. Bendera ini sering muncul dalam berbagai acara kerajaan, termasuk dalam persiapan perayaan penobatan Raja Inggris Charles III pada Sabtu (6/5/2023).

Bendera Union Jack adalah bendera nasional Britania Raya. Ini mewakili empat negara yang bersatu di bawah satu Penguasa, termasuk Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia, meskipun sejak 1921, hanya Irlandia utara yang tetap menjadi bagian dari Britania Raya.

Selain itu, negara-negara persemakmuran telah memasukkan Union Jack ke dalam bendera mereka. Tindakan ini menandakan sejarah pemukiman Inggris, termasuk Australia, Selandia Baru, dan Tuvalu.

Ada banyak perdebatan tentang asal muasal nama bendera Union Jack. Pada abad ke-16, awalnya disebut bendera Inggris dan pada 1625, kata "Persatuan" diperkenalkan.

Ketika pertama kali dibuat pada 1606, bendera tersebut diperintahkan terutama untuk terbang di laut, terletak di atas kepala tiang utama semua kapal, kapal perang, dan kapal dagang Inggris dan Skotlandia. Sebelum tahun 1600-an, istilah "jack" digunakan untuk menggambarkan bendera kecil yang dikibarkan di haluan kapal.

Beberapa orang percaya, menurut situs web resmi keluarga kerajaan, gelar "Union Jack" berasal dari masa pemerintahan Ratu Anne dari 1702-1714. Sedangkan versi lain percaya itu berasal dari "jaket" tentara Inggris atau Skotlandia atau dari nama James I yang membentuk serikat pertama pada 1603.

Alternatif lain adalah bahwa nama tersebut berakar pada proklamasi oleh Raja Charles II. " Union Flag hanya boleh dikibarkan oleh kapal-kapal Angkatan Laut Kerajaan sebagai dongkrak," tulis situs web keluarga kerajaan.

Union Jack ini juga mewakili Penguasa dan Inggris Raya. Bendera ini berbeda dengan bendera Royal Standard yang  mungkin masih terekam dalam ingatan berada di atas peti mati Ratu Elizabeth II dan beberapa prosesi.

Kedua bendera tersebut terutama digunakan untuk menandakan kehadiran penguasa Britania Raya di Istana Buckingham. Royal Standard hanya akan terbang saat dia ada di sana, sedangkan Union Jack akan terbang saat dia tidak ada.

Setelah kematian Ratu, Union Jack akan diterbangkan setengah tiang. Sedangkan Royal Standard  tidak pernah diterbangkan setengah tiang, bahkan setelah kematian seorang raja, karena selalu ada penguasa di atas takhta dalam konteks kali ini adalah Raja Charles III.

"Royal Standard tidak pernah diterbangkan setengah tiang, karena Sovereign tidak pernah mati (raja baru segera menggantikan pendahulunya)," ujar situs web resmi keluarga kerajaan dikutip dari People.

Gedung-gedung pemerintah harus mengibarkan bendera Union Jack pada hari ulang tahun Keluarga Kerajaan, Hari Persemakmuran, Hari Penobatan, ulang tahun resmi pemimpin Britania Raya, Hari Peringatan, dan hari Pembukaan Negara dan Prorogasi Parlemen. Dalam beberapa tahun terakhir, gedung-gedung pemerintah Inggris didorong untuk mengibarkan bendera sepanjang tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement