Selasa 16 May 2023 08:53 WIB

Lembaga Survei Berdalih Setelah Gagal Prediksi Erdogan Kalah

Di antara dalih lembaga survei, yaitu gempa bumi besar pada Februari dan Ramadhan.

Jurnalis menyaksikan hasil perhitungan cepat pemilu di markas besar Partai Rakyat Republik, CHP, di Ankara, Turki, Ahad, (14/5/2023).
Foto:

Merve Tahiroglu, direktur program Project on Middle East Democracy di Turki menyatakan koalisi oposisi beragam. Setiap sosok penting di koalisi tersebut bisa menjangkau segmen berbeda di Turki. 

‘’Pada momen khusus ini, kita memiliki alasan untuk optimistis pemilu Turki mengantarkan kemenangan oposisi dalam 20 tahun terakhir ini,’’ katanya, dikutip dari Reuters, Selasa (16/5/2023). Pilpres diwarnai kejutan dengan mundurnya capres Muharrem Ince, Kamis (11/5/2023).

Mundurnya Ince yang diumumkan di Ankara, diprediksi mengubah peta politik pilpres. Bersamaan dengan itu, jajak pendapat oleh Konda, menyebutkan dukungan untuk Erdogan 43,7 persen dan Kilicdaroglu  49,3 persen. Maka berpotensi adanya putaran kedua pilpres. 

Survei digelar 6-7 Mei, sebelum pengumuman Ince. Namun setelah Ince mundur, banyak yang meyakini ini berkah bagi Kilicdaroglu. ‘’Saya tak kaget jika Kilicdaroglu meraih dukungan 51 persen,’’ ujar Manajer Konda Bekir Agirdir. Ince diproyeksikan dapat 2,2 persen dukungan. 

 

 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement