Senin 19 Jun 2023 18:38 WIB

Rentetan Pembicaraan AS-Cina Sejak Biden Memimpin

Blinken merupakan pejabat AS dengan jabatan tertinggi yang mengunjungi Cina

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping
Foto:

19 Februari 2023: Blinken-Wang Bersitegang di Munchen

Diplomat tertinggi dari kedua negara adidaya, Blinken dan Wang, bertemu di lokasi yang dirahasiakan di sela-sela konferensi keamanan global di Munchen. Pertemuan keduanya di tengah perselisihan mengenai penjatuhan balon udara yang dicurigai sebagai mata-mata Cina oleh Amerika Serikat.

25 Mei 2023: Ketua Komite Perdagangan AS dan Cina Bicara di Washington

Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo dan Menteri Perdagangan Cina Wang Wentao saling bertukar pendapat mengenai kebijakan perdagangan, investasi, dan ekspor dalam pembicaraan tatap muka di Washington, D.C. Departemen Perdagangan AS menggambarkan pertemuan itu membahas sesuatu yang "jujur dan substantif."

2 Juni 2023: Panglima Pertahanan AS dan Cina Berjabat Tangan di Dialog Shangri-la

Menteri Pertahanan A.S. Lloyd Austin berjabat tangan dengan menteri pertahanan nasional Cina, Li Shangfu, di sela-sela KTT keamanan di Singapura tetapi keduanya tidak melakukan komunikasi yang substantif, demikian menurut Pentagon. Jabat tangan itu terjadi setelah Cina menolak proposal dari AS agar Austin dan Li mengadakan pembicaraan formal di Dialog Shangri-La.

18 Juni 2023: Blinken ke Cina Pertema Kali sebagai Menlu

Kunjungan Blinken ke Beijing menandai kunjungan pertama ke Cina oleh seorang menteri luar negeri AS dalam lima tahun terakhir. Selama berada di sana, ia menekankan perlunya "mengurangi risiko salah persepsi dan salah perhitungan" di antara kedua negara.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement