Selasa 08 Aug 2023 07:01 WIB

Haryana India Memanas, Ratusan Muslim Ditangkap dan Ruko Dibuldoser

Aparat tidak memberikan pemberitahuan atau menunjukkan bukti apapun

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Lalu lintas di pusat bisnis Gurugram di selatan Ibu Kota India, Delhi lebih sepi dari biasanya pascakerusuhan yang menewaskan 7 orang
Foto:

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa negara bagian yang diperintah oleh BJP telah melihat buldoser menghancurkan properti Muslim. Setiap korban dituduh berpartisipasi dalam bentrokan agama, atau tuduhan serupa lainnya.

Beberapa kelompok HAM mengutuk pihak berwenang India karena melakukan penghancuran. Bahkan, beberapa di antaranya dilakukan bermil-mil jauhnya dari lokasi kekerasan minggu lalu.

Bukan hanya itu, penangkapan sewenang-wenang juga terjadi terhadap lebih dari 150 Muslim atas kekerasan komunal tersebut. Tindakan keras pemerintah BJP di Nuh mengakibatkan ratusan pria meninggalkan rumah mereka karena ketakutan.

Seorang pengacara yang membela sebagian besar yang ditangkap, Tahir Husain, menuduh polisi menangkap orang tanpa pandang bulu dan tanpa penyelidikan yang ketat

"Mungkin ada satu atau dua orang dari 'sisi lain' tetapi hampir semua yang ditangkap dari Nuh adalah Muslim. Penangkapan itu melanggar hukum dan sembrono," ucap Husain.

Tidak hanya itu, ia juga menyebut kondisi saat ini adalah tontonan yang menakutkan. Setelah kekerasan ini meletus, bahkan advokat pun tidak siap untuk maju karena ada yang diciduk polisi.

"Kemudian, dia dibebaskan tapi bagaimana dengan orang biasa? Orang miskin dan rentan harus rela ditangkap tanpa dukungan," lanjut dia.

Terakhir, ia menggambarkan jalanan di Haryana telah ditinggalkan dan suasananya lebih buruk daripada penguncian Covid-19. Setidaknya, tidak ada teror di hati masyarakat saat itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement