Selasa 22 Aug 2023 09:52 WIB

Laporan HRW: Saudi Sebabkan Ratusan Migran Ethiopia Tewas di Perbatasan

Saudi menyatakan laporan HRW tak berdasar dan mengutip sumber tak memadai.

Migran Ethiopia bermimpi mencapai Saudi dan menghasilkan cukup uang untuk keluar dari kemiskinan. Ilustrasi.
Foto:

Serangan terhadap migran yang menggunakan rute pegunungan untuk menyeberang ke Saudi dengan berjalan kaki, dilakukan secara luas dan sistematis. ‘’Pembunuhan terhadap mereka berlanjut,’’ demikian laporan HRW. 

Mustafa Sofian Mohammed (22) kepada Reuters menceritakan, ia bersama kelompok 45 orang warga Ethiopia mendekati akhir perjalanan tiga hari berjalan kaki ke perbatasan pada 10 Juli 2022 ketika senjata mesin menyalak dan granat dilemparkan dari wilayah Saudi.

Ini menyebabkan luka parah pada kakinya. Di atas engkel. ‘’Saya menatap ke sekeliling untuk meyakinkan ini benar-benar terjadi. Saya kemudian sadar tak lagi memiliki kaki lagi, saya berdoa,’’ kata Mustafa tanpa menjelaskan tepatnya di lokasi mana insiden itu terjadi. 

Ia mengikatkan syal ke bagian kaki yang terluka dan diselamatkan kelompok migran lain yang berusaha menyeberangi perbatasan. Reuters berbicara dengan Mustafa di Harar, kota di bagian timur Ethiopia. 

Menurut Mustafa ia dirawat di RS Al Thawra, Sanaa, Yaman, setelah itu diterbangkan ke Addis Ababa. Biaya perawatan ditanggung International Organization for Migration (IOM). Dokumen perawatan Mustafa di RS Hallelujah, Addis Ababa menyatakan Mustafa dirawat di sana karena infeksi luka amputasi.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS menyatakan, Pemerintah AS prihatin dengan isi laporan mengenai dugaan Saudi melakukan pembunuhan terhadap ratusan migran Ethiopia. Ia mendesak Saudi melakukan investigasi yang transparan. 

Merujuk studi PBB, terdapat 750 ribi warga Ethiopia di Saudi. Banyak yang memutuskan pergi ke Saudi karena alasan beratnya kehidupan ekonomi di Ethiopia. Di Provinsi Tigray, misalnya, masih terus berlansung konflik yang membuat warga terancam nyawanya. 

Koridor migran Ethiopia biasanya menggunakan rute wilayah Tanduk Afrika menyeberang ke Teluk Aden melalui Yaman dan masuk ke Saudi. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement