Selasa 22 Aug 2023 15:13 WIB

MPT-76, Senapan Serbu Multifungsi Turki

MPT-76 merupakan senapan modular yang dapat dikonfigurasi untuk berbagai peran.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Militer Turki.
Foto: google.com
Militer Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, Senapan serbu MPT-76 atau Milli Piyade Tüfeği-76 yang dalam bahasa Turki artinya Senapan Infanteri Nasional merupakan senapan serbu yang dikembangkan BUMN Turki, Perusahaan Industri Mekanis dan Kimia atau Makina ve Kimya Endüstrisi (MKEK). Dikutip dari MilitaryToday.com, Selasa (22/8/2023) senapan ini menggunakan peluru 7.62x51mm NATO dan dirancang untuk menggantikan senapan Heckler & Koch G3 yang sudah tua sebagai senapan standar Angkatan Bersenjata Turki.

MPT-76 merupakan senapan modular yang dapat dikonfigurasi untuk berbagai peran, baik sebagai senapan serbu maupun jitu. Senapan desainnya mirip dengan AR-15. Tetapi sistem pistonnya lebih mirip dengan HK417. MPT-76 memiliki regulator gas empat posisi yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan aliran gas ke piston, yang dapat berguna dalam kondisi lingkungan yang berbeda atau saat menggunakan jenis amunisi yang berbeda.

Baca Juga

MPT-76 dasar memiliki laras 406 mm (16 inchi). Juga ada versi karabin serbu kompak dengan laras 305 mm (12 inci) dan senapan penembak jitu dengan laras 508 mm (20 inci).

MPT-76 memiliki laju tembakan 700 peluru per menit dan kapasitas magasin antara 20 sampai 30 peluru. Ini adalah senapan yang andal dan akurat yang cocok untuk berbagai aplikasi militer.

Berikut adalah beberapa fitur kunci dari Senapan Serbu MPT-76:

- Gas-operated reloading atau sistem pengisian energi gas

- Menggunakan peluru 7.62x51mm NATO

- Sistem senjata modular (MWS) artinya dapat dibongkar-pasang sesuai kebutuhan

- Sistem piston gas langkah panjang- Sistem piston gas langkah panjang

- Regulator gas empat posisi

- Laras berlapis krom

- Laras mengapung bebas

- Picatinny rail, artinya dapat dipasang perlengkapan lain

- Stok lipat samping

- Pegangan pistol polimer

- Laju tembakan siklik: 700 peluru per menit

- Kapasitas magasin: 20 atau 30 peluru

MPT-76 merupakan senapan yang relatif baru, tetapi telah diadopsi  Angkatan Bersenjata Turki. Senapan ini juga diekspor ke sejumlah negara karena cocok untuk berbagai aplikasi militer.

Secara keseluruhan, MPT-76 adalah senapan serbu yang dirancang dan andal untuk berbagai aplikasi militer. Senapan ini kemungkinan akan digunakan oleh sejumlah negara di tahun-tahun mendatang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement