Kamis 24 Aug 2023 07:19 WIB

Kecelakaan Pesawat Bos Wagner 'Mencurigakan'

Hingga saat ini tidak ada komentar resmi dari Istana Kremlin

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Pesawat yang diduga membawa bom Wagner Yevgeny Prigozhin dan jatuh dan menewaskan para penumpangnya
Foto:

Tapi, pakar Rusia di lembaga think-tank urusan internasional Chatham House Keir Giles mendesak agar berhati-hati terhadap laporan kematian Prigozhin. Dia mengatakan, banyak orang telah mengubah namanya  menjadi Yevgeniy Prigozhin. Tindakan itu dinilai sebagai bagian dari upaya bos Wagner untuk mengaburkan perjalanannya.

“Jangan kaget jika dia segera muncul di video baru dari Afrika,” kata Giles.

Prigozhin sempat mengunggah video perekrutan pertamanya sejak pemberontakan pada pekan ini. Dia mengatakan, bahwa Wagner sedang melakukan aktivitas pengintaian dan pencarian.

"Membuat Rusia semakin besar di semua benua, dan Afrika semakin bebas," ujar Prigozhin.

Mantan penulis pidato Putin yang menjadi kritikus yang oleh pemerintah Rusia dicap sebagai "agen asing" Abbas Gallyamov menyatakan, pemimpin Rusia berada di balik kecelakaan itu. Putin dilihat telah memperkuat otoritasnya dalam proses tersebut.

“Pemerintah sekarang yakin bahwa tidak mungkin menentang Putin,” tulis Gallyamov di Telegram.

Kecelakaan itu juga terjadi setelah media Rusia melaporkan seorang jenderal tinggi yang terkait dengan Prigozhin, Jenderal Sergei Surovikin, diberhentikan dari jabatannya sebagai komandan Angkatan Udara Rusia. Surovikin yang pernah memimpin operasi Rusia di Ukraina ini tidak pernah terlihat di depan umum sejak pemberontakan tersebut, ketika dia merekam video yang mendesak pasukan Prigozhin untuk mundur.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement