Ahad 27 Aug 2023 16:47 WIB

Helikopter Militer AS Jatuh di Australia

Helikopter V-22 Osprey yang berisi sekitar 20 marinir AS jatuh di lepas pantai Darwin

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Kepala polisi Northern Territory, Michael Murphy memberikan keterangan terkait kecelakaan pesawat yang melibatkan personil militer AS
Foto: AP
Kepala polisi Northern Territory, Michael Murphy memberikan keterangan terkait kecelakaan pesawat yang melibatkan personil militer AS

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Kementerian Pertahanan Australia mengatakan terjadi kecelakaan pesawat yang melibatkan personel militer Amerika Serikat (AS) dalam latihan di Northern Territory, pada Ahad (27/8/2023) pagi. Stasiun televisi setempat melaporkan satu orang dalam kondisi kritis.

Sky News Australia melaporkan helikopter V-22 Osprey yang berisi sekitar 20 marinir AS jatuh di lepas pantai Darwin. Stasiun televisi Australian Broadcasting Corporation (ABC) melaporkan satu orang dalam kondisi kritis, dua orang stabil dan tidak ada laporan korban jiwa dalam kecelakan di Pulau Tiwi.

Baca Juga

Dalam pernyataan tertulis pemadam kebakaran Australia mengatakan kepolisian Northern Territory merespon laporan pesawat jatuh di Pulau Melvin.

"Awalnya laporan mengindikasi kecelakaan melibatkan personel pertahanan Amerika Serikat dan anggota Pertahanan Australia tidak terlibat," kata Kementerian Pertahanan Australia dalam pernyataannya.

Kementerian melaporkan kecelakaan terjadi di Pulau Melville sebelah utara Darwin selama  Exercise Predator’s Run 2023. Perdana Menteri Anthony Albanese sebelumnya dijadwalkan mengadakan konferensi pers.

Beberapa tahun terakhir AS dan Australia yang merupakan sekutu di Pasifik meningkatkan kerja sama militer. Sebagai upaya dalam menghadapi Cina yang semakin agresif.

Bulan lalu empat tentara Australia tewas dalam latihan bilateral besar-besaran ketika helikopter mereka jatuh ke laut di lepas pantai Queensland.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement