Selasa 05 Sep 2023 08:38 WIB

Perluasan Anggaran Militer Jepang, Tanggapan Atas Kebangkitan Cina?

Jepang mulai menaikan belanja militer besar-besaran.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Jepang Perkuat Militer Besar-besaran
Foto:

Perluasan anggaran militer Jepang disambut dengan reaksi yang beragam. Ada yang menyambutnya, dengan alasan bahwa hal itu perlu untuk menghalangi Cina  dan Korea Utara. Yang lain menyatakan keprihatinan bahwa hal itu dapat menyebabkan perlombaan senjata di kawasan tersebut.

Pada bulan Juli lalu media pemerintah Cina, the Global Times mengutip juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional Cina Tan Kefei yang mengatakan buku putih pertahanan Jepang yang baru berpegang teguh pada persepsi yang salah terhadap Cina. Tan mengatakan Jepang dengan sengaja membesar-besarkan apa yang disebut sebagai ancaman militer Cina, dan mencoreng aktivitas pertahanan dan militer Cina yang sah.

Global Times mengatakan Jepang juga artinya mencampuri urusan dalam negeri Cina dan dapat memicu ketegangan regional, sehingga kementerian pertahanan Cina mengajukan pernyataan tegas kepada pihak Jepang. "Militer Cina selalu menjadi kekuatan yang teguh dalam menegakkan perdamaian dan stabilitas dunia, tidak pernah menantang atau mengancam siapa pun," kata Tan seperti dikutip Global Times.

Belum diketahui bagaimana perluasan anggaran militer Jepang akan mempengaruhi keseimbangan keamanan di kawasan Indo-Pasifik. Namun, yang jelas Jepang sedang mengambil pendekatan yang lebih tegas terhadap keamanannya, dan hal ini kemungkinan akan berdampak signifikan di kawasan tersebut.

Selain faktor-faktor eksternal seperti ancaman Cina di kawasan dan pengembangan senjata nuklir Korut, Jepang juga memiliki beberapa alasan lain untuk menambah anggaran militernya. Seperti untuk memelihara dan memodernisasi peralatan militernya yang sudah tua, untuk mengembangkan kemampuan baru, seperti perang siber dan perang ruang angkasa serta berkontribusi pada operasi penjaga perdamaian dan penanggulangan bencana internasional.

Perluasan anggaran militer Jepang merupakan perkembangan dalam konteks geopolitik saat ini dan kemungkinan akan berdampak besar pada keamanan kawasan Indo-Pasifik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement