Rabu 06 Sep 2023 05:15 WIB

Zelenskyy Pecat Menhan Ukraina karena Korupsi Pengadaan Jaket Militer

Pemecatan Oleksii Reznikov menyusul skandal seputar korupsi pengadaan jaket militer

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
 Pemecatan Oleksii Reznikov sebagai Menteri Pertahanan menyusul skandal seputar korupsi pengadaan jaket militer oleh kementerian pertahanan.
Foto: AP/Emrah Gurel
Pemecatan Oleksii Reznikov sebagai Menteri Pertahanan menyusul skandal seputar korupsi pengadaan jaket militer oleh kementerian pertahanan.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Menteri Pertahanan Ukraina, Oleksii Reznikov, resmi mengajukan surat pengunduran diri pada Senin (4/9/2023), setelah Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan bahwa ia akan diganti dan menunjuk seorang politikus Muslim sebagai penggantinya. Pemecatan Oleksii Reznikov menyusul skandal seputar korupsi pengadaan jaket militer oleh kementerian pertahanan.

Ini bukanlah kasus pertama yang serupa selama perang berlangsung. Zelenskyy membuat pengumuman di akun Telegram resminya, menulis bahwa kepemimpinan baru diperlukan setelah Reznikov menjalani "lebih dari 550 hari perang berskala besar".

Baca Juga

Zelenskyy kemudian menunjuk Rustem Umerov, seorang anggota parlemen Tatar Krimea, sebagai menteri pertahanan yang baru.

"Reznikov adalah negosiator internasional yang baik dan terkemuka, tetapi tampaknya ada kekacauan dan kekacauan di dalam Kementerian Pertahanan, yang telah dimanfaatkan oleh banyak wakilnya, yang mengakibatkan skandal korupsi selama perang," kata analis Volodymyr Fesenko dari Penta Center yang berbasis di Kiev.

"Semua tindakan pihak berwenang Ukraina diarahkan untuk kepentingan perang, dan skandal serta pernyataan tentang lambatnya serangan balasan Ukraina dalam menghadapi sumber daya militer yang sangat terbatas memaksa Zelenskyy untuk bersikap fleksibel dan mencari solusi personil baru," ujar Fesenko.

Reznikov diangkat pada November 2021, beberapa bulan sebelum invasi Rusia ke Ukraina. Dalam surat pengunduran dirinya, Reznikov menunjukkan bahwa itu merupakan "perjalanan yang tidak mudah" sejak pengangkatannya hingga hari ini.

Tetapi Reznikov telah menjadi bagian dari proses membujuk negara Barat sebagai donor internasional untuk memberikan persenjataan canggih kepada Ukraina. Diantaranya mulai dari "penolakan kategoris untuk memberikan Stingers kepada Ukraina pada November 2021 hingga pembentukan 'koalisi penerbangan'."

Umerov, 41 tahun, seorang politisi dari partai oposisi Holos, telah menjabat sebagai kepala Dana Kekayaan Negara Ukraina sejak September 2022. Dia mengundurkan diri dari posisi tersebut pada hari Senin, menurut Verkhovna Rada, parlemen Ukraina.

Sebagai seorang ekonom, ia pernah bekerja di sektor telekomunikasi dan investasi, terlibat dalam advokasi hak asasi manusia. Umerov juga telah mendirikan berbagai lembaga bantuan dana untuk mendukung hak-hak Tatar Krimea.

Fesenko mengatakan bahwa mitra-mitra Barat menghargai Umerov atas perannya sebagai kepala Dana Kekayaan Negara. Ia adalah salah satu dari sedikit politisi di Ukraina yang memiliki kontak langsung dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Sejak perang skala besar penuh meletus, Umerov telah terlibat dalam pertukaran tawanan. Termasuk Umerov juga menjadi bagian dari delegasi Ukraina dalam negosiasi dengan Rusia mengenai kesepakatan biji-bijian yang didukung oleh PBB.

Para analis militer mengatakan bahwa penggantian menteri tidak akan mempengaruhi situasi di garis depan karena menteri tidak bertanggung jawab atas keputusan operasional.

Analis militer Roman Svitan mengatakan bahwa gerak maju tentara Ukraina ke arah selatan menuju Melitopol dan Berdiansk yang diduduki Rusia, akan terus berlanjut tanpa jeda selama periode musim gugur-musim dingin. Oleh karena itu, menteri baru perlu "mengintensifkan negosiasi dengan mitra Barat Kyiv dan memastikan siklus pasokan persenjataan yang diperlukan ke garis depan."

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement