Rabu 06 Sep 2023 11:52 WIB

AS Ancam Korut akan Bayar Mahal untuk Setiap Pasokan Senjata ke Rusia

Moskow dan Pyongyang telah berjanji untuk meningkatkan kerja sama pertahanan

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menerima kunjungan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, Rabu (26/7/2023).
Foto:

Seorang pejabat kementerian pertahanan Korea Utara pada bulan November tahun lalu, mengatakan bahwa Pyongyang "tidak pernah melakukan 'transaksi senjata' dengan Rusia" dan "tidak memiliki rencana untuk melakukannya di masa depan."

Namun Moskow dan Pyongyang telah berjanji untuk meningkatkan kerja sama pertahanan. Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dalam kunjungannya ke Pyongyang Juli lalu, mengatakan bahwa kedua negara sedang mendiskusikan kemungkinan latihan militer bersama. Kunjungan Shoigu ke Korut itu dalam rangka pameran senjata yang mencakup rudal balistik terlarang Korea Utara.

"Seperti halnya Anda dapat mengetahui seseorang dari teman-temannya, Anda juga dapat mengetahui suatu negara dari perusahaan yang dimilikinya," kata Keir Giles, Konsultan Senior di Program Rusia & Eurasia di Chatham House. "Dalam kasus Rusia, perusahaan itu sekarang sebagian besar terdiri dari sesama negara bermasalah."

Perjalanan ke Rusia ini akan menjadi kunjungan pertama Kim ke luar negeri dalam lebih dari empat tahun terakhir dan yang pertama sejak pandemi virus corona. Meskipun Kim melakukan lebih banyak perjalanan ke luar negeri daripada ayahnya sebagai pemimpin, perjalanan Kim sering kali diselimuti kerahasiaan dan keamanan yang ketat.

Tidak seperti ayahnya yang disebut-sebut tidak suka terbang, Kim menerbangkan pesawat jet pribadinya yang dibuat di Rusia dalam beberapa perjalanannya sendiri. Tetapi pejabat AS mengatakan kepada New York Times bahwa Kim mungkin akan menggunakan kereta api lapis baja, untuk melintasi perbatasan darat yang dimiliki oleh Korea Utara dengan Rusia.

Kim kemungkinan ingin menekankan rasa dukungan Rusia, dan mungkin mencari kesepakatan dalam penjualan senjata, bantuan, dan pengiriman tenaga kerja ke Rusia, kata Andrei Lankov, seorang ahli Korea Utara di Universitas Kookmin Seoul.

Amerika Serikat pada bulan Agustus menjatuhkan sanksi terhadap tiga entitas yang dituduhnya terkait dengan transaksi senjata antara Korea Utara dan Rusia. Di mana Korea Utara telah melakukan enam kali uji coba nuklir sejak tahun 2006 dan telah menguji coba berbagai rudal dalam beberapa tahun terakhir.

Rusia telah bergabung dengan Cina dalam menentang sanksi baru terhadap Korea Utara. Mereka menentang upaya paksa oleh AS, yang secara terbuka memecah belah Dewan Keamanan PBB untuk pertama kalinya sejak Dewan Keamanan mulai menghukum Pyongyang pada tahun 2006.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement