Rabu 04 Oct 2023 12:49 WIB

Warga Paris Harus Hidup Berdampingan dengan Tikus dan Kutu Busuk

Setelah tikus, kutu busuk menginvasi Kota Paris

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Kutu busuk merayap di berbagai fasilitas publik di Paris, Prancis
Foto:

Pemerintah Prancis pun meluncurkan rencana pembasmian besar-besaran, perang melawan invasi kutu busuk ini, sejak Jumat (29/10/2023). Pembersihan kutu busuk ini dilakukan hingga Prancis benar-benar bersih, jelang gelaran Olimpiade Paris 2024.

Pemerintah Prancis mengatakan dengan Olimpiade Paris yang kurang dari setahun lagi, pihak berwenang Prancis bertekad untuk tidak membiarkan kutu busuk menggigit pengunjung. Terutama ketika masyarakat dalam jumlah besar menonton pertandingan, berada di transportasi umum, bioskop, dan fasilitas umum lain.

Menteri Transportasi, Clement Beaune akan bertemu dengan para operator transportasi umum untuk membahas bagaimana menangani masalah kutu busuk, kata Beaune dalam sebuah pernyataan di media sosial, X pada pekan lalu.

Balai kota Paris mendesak pemerintah Presiden Emmanuel Macron untuk membantu mengatasi masalah kutu busuk ini, termasuk dengan membentuk satuan tugas khusus.

Badan kesehatan nasional Prancis memerintahkan tindakan pembersihan secara menyeluruh. Begitu kutu busuk terlihat di sebuah rumah, kamar-kamar yang terkena dampaknya harus segera dibersihkan.

Wakil Wali Kota Paris, Emmanuel Gregoire, bahkan meminta perusahaan asuransi untuk melampirkan jaminan risiko kutu busuk ke dalam polis asuransi perumahan. Dia mengatakan bahwa hunian kelas menengah bawah seringkali luput dari peningkatan kualitas kesehatan.

"Seringkali masyarakat berpenghasilan rendah tidak memiliki dana untuk memanggil perusahaan pembasmi hama, sehingga kutu busuk terus menginfeksi apartemen-apartemen di sekitarnya," kata Gregoire.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement