Rabu 17 Jan 2024 19:35 WIB

Arab Saudi Siap Akui Israel Jika Palestina Juga Diakui Sebagai Negara Merdeka

Arab Saudi masih enggan normalisasi hubungan dengan Israel

Rep: Kamran Dikarma / Red: Nashih Nashrullah
Hubungan Israel-Arab Saudi. Arab Saudi masih enggan melakukan normalisasi hubungan dengan Israel
Foto:

Pangeran Khalid meyakinkan bahwa normalisasi dengan Tel Aviv tidak akan mengorbankan rakyat Palestina. 

“Jadi meskipun kami masih percaya pada normalisasi, hal ini tidak akan merugikan rakyat Palestina,” ucapnya. 

Dia menekankan, meski terdapat minat dari para pemimpin negaranya untuk membangun hubungan resmi dengan Israel, Arab Saudi akan tetap mendukung kemerdekaan Palestina. 

“Kami hampir mencapai normalisasi, oleh karena itu dekat dengan negara Palestina. Yang satu tidak akan terjadi tanpa yang lain. Urutannya, bagaimana pengelolaannya, itulah yang sedang dibahas,” kata Pangeran Khalid. 

Pada 8 Januari 2024 lalu, Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken di Al Ula. 

Selain membahas perkembangan situasi di Jalur Gaza, Blinken menyebut dia dan Pangeran MBS turut membahas perihal potensi normalisasi diplomatik Saudi-Israel. 

Dalam sambutannya kepada pers, Blinken mengatakan, topik tentang normalisasi diplomatik dengan Israel dibahas dalam pertemuannya dengan Pangeran MBS. 

Baca juga: Golongan yang Gemar Membaca Alquran, Tetapi Justru tidak Mendapat Syafaatnya

“Saya dapat memberi tahu Anda hal ini: Ada kepentingan yang jelas di sini untuk mencapai hal tersebut (normalisasi Arab Saudi-Israel); ada kepentingan yang jelas di kawasan ini untuk mencapai hal tersebut,” ucapnya.

“Tapi hal ini (normalisasi diplomatik Saudi-Israel) mengharuskan konflik di Gaza diakhiri, dan hal ini juga jelas memerlukan adanya jalan praktis menuju negara Palestina,” tambah Blinken, dikutip laman Al Arabiya. 

 

Sebelum perang di Gaza pecah pada 7 Oktober 2023, isu normalisasi diplomatik antara Arab Saudi dan Israel sudah berembus kuat. Pangeran MBS pun telah mengakui secara terbuka tentang adanya pembicaraan mengenai hal itu.  

 

photo
Sikap Arab Saudi terhadap Israel Penjajah Palestina - (Republika)

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement