Jumat 16 Feb 2024 22:49 WIB

Navalny Tewas di Penjara, Terkenal Sebagai Musuh Besar Putin, Pernah Kena Racun Novichok

Navalny pernah diracun menggunakan agen saraf Novichok pada 2020.

 Tokoh oposisi Rusia, Alexei Navalny, tersenyum seraya di belakang panel kaca di Pengadilan Distrik Babuskinsky di Moskow, Rusia, pada 20 Februari 2021. Navalny meninggal dunia di penjara dalam usia 4
Foto:

Navalny ditangkap otoritas Rusia pada Januari 2021 lalu, sesaat setelah dia kembali dari Jerman. Pada Februari 2021, Navalny dijatuhi hukuman 2,5 tahun penjara karena melanggar ketentuan hukuman percobaan dari hukuman penggelapan pada 2014.

Navalny menuding tuduhan terhadapnya terkait kasus tersebut bermotif politik. Penangkapan dan pemenjaraan Navalny memicu gelombang protes di Rusia. Otoritas berwenang Rusia merespons aksi tersebut dengan penangkapan massal.

Koloni pemasyarakatan di Rusia terkenal karena kondisi kehidupan yang keras dan kebrutalan mereka. Alih-alih di sel individu, para tahanan ditempatkan di barak.

Mereka dipaksa untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Narapidana di koloni pemasyarakatan dibagi menjadi empat kategori berdasarkan beratnya kejahatan yang dilakukan.

Koloni pemasyarakatan juga memiliki langkah-langkah keamanan lebih ketat dan lebih banyak pembatasan pergerakan. Terdapat sekitar 700 koloni pemasyarakatan di Rusia yang dihuni hampir setengah juta tahanan.

sumber : Antara, Sputnik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement