Senin 26 Feb 2024 05:58 WIB

Erdogan Berulang Tahun Hari Ini, Turki Siapkan ‘Kado’ di Sidang ICJ

Erdogan sering melontarkan hujatan atas aksi biadab Israel terhadap Palestina.

Sidang Mahkamah Internasional (ICJ).
Foto:

Erdoga pun pernah membuat Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, merasa berang dan naik pitam. Karena, Erdogan menyebut Netanyahu tidak berbeda dengan Adolf Hitler dan menyamakan serangan Israel di Gaza dengan perlakuan Nazi terhadap orang-orang Yahudi pada era Perang Dunia II.

"Mereka biasa berbicara buruk tentang Hitler. Apa bedanya Anda dengan Hitler? Mereka akan membuat kita merindukan Hitler. Apakah yang dilakukan Netanyahu ini kurang dari apa yang dilakukan Hitler? Sebenarnya tidak," kata Erdogan.

"Dia lebih mewah dari Hitler, dia mendapat dukungan dari Barat. Segala macam dukungan datang dari Amerika Serikat. Dan, apa yang mereka lakukan dengan semua dukungan itu? Mereka membunuh lebih dari 20.000 warga Gaza," ujarnya.

Lalu, pada 29 Desember 2023, Erdogan menyambut baik upaya Afrika Selatan yang menggugat Israel ke Mahkamah Internasional atas tuduhan genosida di Gaza. Sumber diplomatik Turki, seperti dikutip middleeastmonitor, menyebut Erdogan saat itu langsung menghubungi Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, melalui panggilan telepon.

Erdogan mengatakan Turki menyambut baik kasus gugatan yang diajukan Afrika Selatan terhadap Israel di Mahkamah Internasional untuk menghukum genosida di Palestina. ‘’Kami akan memastikan Israel dihukum di ICJ,’’ tegas Erdogan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement