Kamis 05 May 2016 11:53 WIB

Inilah Universitas Australia dengan Reputasi Terbaik

Red:
Kampus di Sydney
Foto: abc news
Kampus di Sydney

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- University of Melbourne, Australian National University (ANU) serta University of Sydney kembali berada dalam jajaran 100 universitas dengan reputasi terbaik dunia menurut peringkat yang disusun oleh Times Higher Education World Reputation Rankings.

University of Melbourne berada di urutan ke-49. Universitas ini memiliki jumlah mahasiswa 40.128 orang dengan rasio mahasiswa dan staf sebesar 23,7.

Universitas Melbourne memiliki sekitar 35 persen mahasiswa internasional dengan rasio mahasiswa perempuan dan pria 55:45.

"Ranking kami ini merupakan pengakuan atas kinerja dan kepemimpinan kami dalam bidang riset. Hasil ini menggarisbawahi daya tarik internasional University of Melbourne sebagai tujuan pendidikan dan riset," ujar Vice-Chancellor (Rektor) Professor Glyn Davis.

Universitas Melbourne didirikan tahun 1853, merupakan universitas tertua kedua di Australia.

Kegiatan wisuda di kampus Melbourne University.

Kegiatan wisuda di kampus Melbourne University.

Sementara ANU menempati urutan ke 61-70 bersama University of Sydney.

ANU memiliki mahasiswa 24.570 orang dengan mahasiswa internasional sebanyak 11 persen. Sedangkan Universitas Sydney memiliki jumlah mahasiswa 41.868 orang dengan mahasiswa internasional sekitar 28 persen.

"Salah satu keberatan yang diajukan terkait dengan peringkat reputasi Times Higher Education ini adalah karena sampelnya sangat kecil sehingga hasilnya berubah-ubah setiap tahun," jelas Dr Richard Cook, Manager of External Benchmarks pada Universitas Sydney.

"Namun dalam peringkat seperti ini dimana satu suara sangat menentukan hasil akhir, University of Sydney telah menunjukkan kinerja yang konsisten," katanya.

Kampus Sydney University.

Kampus Sydney University.

Peringkat reputasi universitas di dunia yang digelar setiap tahun ini dilakukan dengan cara melibatkan 10.300 responden di 133 negara.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement