Rabu 04 Mar 2015 20:05 WIB

Cina: Indonesia Mitra Strategis

Bendera Cina
Bendera Cina

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina sangat serius menjalin hubungan baik dengan Indonesia di berbagai bidang, dan komitmen untuk meningkatkan hubungan yang telah berjalan baik atas dasar saling percaya, saling menghormati dan saling menguntungkan.

"Kami memandang Indonesia sangat penting, sebagai mitra strategis komprehensif, dan kami serius terhadap Indonesia," kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Hua Chunying di Beijing, Rabu (4/3).

Beragam kerja sama antara kedua negara, lanjut Hua, menunjukkan hubungan yang semakin baik antara Indonesia dan Cina. Begitu pun dengan saling kunjung antara pejabat tinggi kedua negara, yang semakin intens, menunjukkan Cina sangat serius sebagai mitra strategis komprehensif Indonesia.

Tiongkok berharap kemitraan strategis komprehensif kedua negara dapat semakin ditingkatkan di masa depan, hingga saling menguntungkan kedua pihak. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan berkunjung ke Cina akhir Maret 2015.

"Dalam setiap kegiatan saling kunjungan pejabat tinggi negara, maka fokus utama tentu bagaimana meningkatkan dan mempererat hubungan baik serta kerja sama yang sudah dijalin selama ini," kata Hua Chunying menekankan.

Tahun ini menandai 65 tahun hubungan Indonesia dan Cina. Hubungan kedua negara terus berkembang dengan ditandatanganinya perjanjian persahabatan dan persetujuan kerja sama kebudayaan pada 1 April 1961.

Meski hubungan sempat terputus pada 30 Oktober 1967, hampir dua dekade, kedua negara sepakat membuka kembali hubungan diplomatik dan terus berkembang positif hingga menjadi mitra strategis pada 25 April 2005.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement