Rabu 04 May 2016 05:15 WIB

Ini 10 Gunung Berapi Paling Berbahaya Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Rep: c39/ Red: Bilal Ramadhan
Letusan gunung berapi  (ilustrasi)
Foto: Antara
Letusan gunung berapi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin orang-orang dulu berpikir bahwa letusan gunung berapi merupakan hukuman dari Tuhan. Namun, saat ini orang telah dapat berpikir bahwa letusan tersebut terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi.

Dari letusan-letusan seperti itulah gunung berapi terbentuk. Nah, di dunia terdapat banyak gunung yang berpotensi mengalami letusan besar. Berikut sepuluh gunung berapi yang paling aktif dan berbahaya, seperti dilansir wonderslist.com, Rabu (4/5).

 

10. Gunung Taal, Filipina

Gunung berapi tipe kerucut scori ini terletak di Pulau Luzon, tepatnya di Taal Lake. Gunung berapi ini berjarak 31 mil dari Manila yang memiliki populasi 1,6 juta penduduk.

Sejak tahun 1572, gunung ini telah meletus sebanyak 33 kali dan telah banyak merenggut nyawa penduduk di sekitar danau. Gunung ini layak untuk dipelajari lebih lanjut untuk menghindari bencana di masa mendatang.

 

9. Gunung Ulawun, Papua Nugini

Gunung Ulawun adalah gunung berapi simetris yang terletak di New Britain Island. Gunung aktif ini juga dianggap sebagai gunung berapi tertinggi  di busur Bismarck 1.000 kilometer panjang vulkanik yang membentang dari gunung berapi Rabaul di Timur ke Wewak di Barat.

Sejak tahun 1700-an, tercatat ada 22 letusan di dalam gunung berapi ini. Penduduk setempat secara konsisten melihat ledakan kecil yang menghasilkan lava dan abu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement