Rabu 01 Jun 2016 06:14 WIB

Sejarah Hari Ini: Jerman Serang Inggris

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Tentara Jerman di Ypres Silent
Foto: greatwarproject.org
Tentara Jerman di Ypres Silent

REPUBLIKA.CO.ID,  Pada 1 Juni 1916 lalu, terjadi bentrokan antara pasukan Angkatan Laut Jerman dan Inggris di Laut Utara. Bersamaan dengan itu, para tentara Jerman juga melancarkan serangan besar di garis Inggris, tepatnya di Ypres Salient.

Pertempuran Jerman dengan Inggris merupakan salah satu yang paling menonjol selama Perang Dunia I. Tiga pertempuran utama berlangsung pada Oktober hingga November 1914, lalu April hingga Mei 1915, kemudian 1 Juni 1916.

Dalam pertempuran besar yang berlangsung 1 Juni 2016 di Kota Ypres, Belgia tersebut salah satu jenderal Inggris tewas. Namun, beberapa wilayah di sekitarnya cepat diambil alih kembali sebelum dikuasai Jerman.

Di hari yang sama, di Verdun, Prancis, Jerman juga mulai melancarkan serangan di Fort Haux, salah satu benteng utama yang menguasai kota tersebut. Selain benteng itu, ada Fort Douaumont yang dilumpuhkan oleh Jerman.

Serangan Jerman pada 1 Juni itu akhirya berhasil 6 hari kemudian. Benteng Fort Vaux direbut dan 600 tentaranya di dalamnya ditangkap hidup-hidup.

Prancis kemudian mendesak Inggris dan Rusia untuk meluncurkan serangan pada Jerman. Selain itu, pada awal Juli,  Inggris membalas serangan Jerman dengan pertempuran besar di dekat Sungai Somme, Prancis.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement