Selasa 01 Sep 2015 07:43 WIB

Kelompok ISIS Semakin Mendekati Damaskus

Rep: C05/ Red: Erik Purnama Putra
Militan ISIS semakin meluaskan kekuasannya di Suriah.
Foto: Ssn.tv
Militan ISIS semakin meluaskan kekuasannya di Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS — Kelompok ISIS semakin dekat dengan ibu kota Suriah, Damaskus. Hal itu terjadi setelah kelompok tersebut semakin memperkuat dominasinya di kota0kota penyangga di sekitar Damaskus.

"Ini adalah posisi ISIS terdekat  ke jantung Kota Damaskus," kata Kepala Observatorium HAM Suriah Rami Abdel Rahman, dilansir Al Arabiya. Kelompok ISIS, kata dia, baru memukul mundur kelompok Islam di Asali, bagian dari Kabupaten Qadam Selatan. Di sana mereka menguasai dua jalanan utama.

Dia mengatakan sekarang ISIS telah bergerak lebih maju. Sebelumnya territory ISIS hanya mencapai daerah al-Hajar al-Aswad sejak Juli 2014. Dimana daerah itu dijadikan basis utama mereka untuk terus maju menuju Damaskus.

Pertempuran di distrik yang terjadi Ahad (30/8), kata dia, menewaskan 15 orang. Namun, ia tidak bisa menentukan berapa banyak berasal dari ISIS dan berapa banyak yang kelompok islamis lainnya. Abdel Rahman mengatakan "sengit pertempuran jalanan" telah memaksa warga sipil melarikan diri daerah.

Seorang pejabat militer Suriah mengkonfirmasi bentrokan dan mengatakan dia "sangat senang bahwa mereka berjuang. "Tapi kami siap untuk bereaksi jika ISIS mencoba untuk maju ke wilayah yang dikuasai pemerintah," kata pejabat tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement