Ahad 01 May 2016 15:14 WIB

AS Desak Rusia Bujuk Suriah Hentikan Serangan

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Didi Purwadi
 Konflik masih melanda Suriah (ilustrasi)
Foto: Reuters/Jalal Al-Mamo
Konflik masih melanda Suriah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat berupaya mengurangi kekerasan di Aleppo, Suriah, dengan melakukan inisiatif spesifik. Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, John Kirby mengatakan, Menteri Luar Negeri John Kerry akan terbang ke Genewa pada Ahad (1/5).

Kirby mengatakan AS jelas ingin Rusia menekan pemerintah Bashar Al Assad untuk menghentikan serangan tanpa pandang bulu di Aleppo. Sementara Rusia menolak.

"Kami tidak akan menekan Suriah karena situasi di Aleppo adalah bagian dari pertempuran melawan ancamn teroris," kata Wakil Menteri Dalam Negeri Rusia, Gennady Gatilov, dikutip Aljazirah.

Selama dua hari terakhir, Kerry bersama dengan Wakil Khusus PBB di Suriah, Staffan de Mistura dan negosiator kelompok oposisi Suriah, Riyad Hijab menekan penyelesaian kekerasan di Aleppo. Kerry akan menunjukkan dukungan untuk membuat gencatan senjata sementara.

Ia juga akan bertemu dengan de Mistura dan menteri Luar Negeri Saudi juga Yordania di Genewa. Pertemuan akan fokus pada upaya menghentikan perseteruan secara menyeluruh di Suriah.

sumber : Reuters/Aljazirah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement