Rabu 27 Nov 2013 20:05 WIB

Veteran Prancis Jual Album Hitler yang Diambil dari Rumahnya Saat PD II

Salah satu foto yang tersimpan dalam Album milik Adolf Hitler yang diambil oleh Veteran Prancis saat hari-hari terakhir Perang Dunia
Foto: Digitaljournal
Salah satu foto yang tersimpan dalam Album milik Adolf Hitler yang diambil oleh Veteran Prancis saat hari-hari terakhir Perang Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang veteran Prancis mendapat lebih dari 10.000 euro pada Jumat (22/11) karena menjual empat album foto yang ia ambil sebagai 'souvenir' pada masa jatuhnya Adolf Hitler pada hari-hari terakhir Perang Dunia II.

Album-album itu berisi foto dan pesan kekaguman yang dipresentasikan kepada Hitler pada tahun 1930 dan awal 1940-an. Dua dari album tersebut terikat dalam kulit berwarna merah dengan ukiran elang Reich di sampulnya.

Buku-buku itu dijual di pelelangan di La Roche-sur-Yon di wilayah Loire barat Prancis. Semua item terjual kepada pelanggan tunggal yang membayar sebesar 10.100 euro (13.700 dolar).

Paul Gerbi (92) yang mengambil empat barang itu di perpustakaan Hitler di rumahnya di Berchtesgaden di negara bagian Bavaria, mengatakan hasil penjualan itu dapat memberikan hadiah yang bagus untuk cucu-cucunya.

Gerbi yang berjuang sebagai sersan di General Philippe Leclerc’s 2nd Armoured Division, mengatakan ia datang ke bukit retreat di Pegunungan Alpen Bavaria pada tanggal 4 Mei 1945, empat hari sebelum akhir perang dan empat hari setelah Hitler dibunuh di Berlin.

“Kami adalah yang pertama. Orang-orang Amerika tiba kemudian,” katanya. “Bagi kami ini adalah kenangan besar karena untuk datang ke tempat Hitler pada akhir perang besar setelah semua yang telah dilakukannya.”

Gerbi mengatakan bahwa selama dua hari mereka habiskan di Berghofdan mencicipi “anggur Prancis yang terbaik” di sana.

“Anak-anak saya tidak ingin album tersebut jadi saya pikir saya bisa mendapatkan sesuatu untuk mereka. Saya punya banyak teman yang menjual barang-barang, terutama setelah perang,” katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement