Sabtu 13 Jun 2015 18:48 WIB

Tutup Guantanamo, AS Pindahkan Enam Warga Yaman ke Oman

Rep: C23/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Penjara Guantanamo di Kuba
Foto: AP/Brennan Linsley
Penjara Guantanamo di Kuba

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Enam warga Yaman yang ditahan di Guantanamo selama bertahun-tahun, akhirnya dipindahkan ke Oman oleh pemerintah Amerika Serikat (AS). Hal itu memang telah disampaikan oleh Barack Obama ketika masa pemilihan umum  pada 2008 lalu.

Keenam  warga Yaman itu teridentifikasi sebagai Idris Ahmad Al Qadir, Sharaf Ahmad Muhammad Masud, Jalal Salam Awad, Saad Nasser Al Moqbil Azani, Emad Abdallah Hasan, dan Muhammad Ali Salem Al Zarnuki.

"AS berterima kasih pada pemerintahan Oman atas gerakan dan keinginannya untuk mendukung upaya AS untuk menutup fasilitas penahanan di Teluk Guantanamo," kata Pentagon, seperti dilaporkan BBC News, Sabtu (13/6).

Sebelumnya Obama memang pernah berjanji memang akan menutup penjara Guantanamo. Ia juga telah memotong jumlah narapidana yang mendekam di sana.

Pemindahan enam tahanan Yaman di Guantanamo merupakan yang kedua kalinya dilakukan pemerintah AS pada tahun ini. Sebelumnya tahanan Guantanamo ada juga yang dipindahkan ke Oman dan Estonia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement