Jumat 03 Aug 2012 16:21 WIB

Iran Santuni Pengungsi Rohingya

Pengungsi Muslim Rohingya.
Foto: AP
Pengungsi Muslim Rohingya.

REPUBLIKA.CO.ID, HEYDARABAD - Republik Islam Iran menyampaikan sumbangan tunai pertama kepada pengungsi Rohingya Muslim yang tiba di Heydarabad, India, pada Kamis waktu setempat dan diserahkan kepada perwakilan mereka di sana.

Sebanyak 250 warga Rohingya dari Nyanmar telah ditempatkan di kota Heydarabad, negara bagian tenggara India Andhra Pradesh, di bawah naungan Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR). Kepala Konsul Republik Islam Iran, Mahmoud Safari, menyerahkan cek bank senilai 65.000 rupee kepada wakil pengungsi Myanmar itu.

Diplomat Iran mengutuk kejahatan yang dilakukan terhadap kaum Muslim di Myanmar, dan menyerukan lembaga-lembaga dan organisasi-organisasi internasional memberikan perhatian untuk mencegah kejahatan-kejahatan yang dilakukan terhadap kemanusiaan di Myanmar.

"Kami sangat meminta kepada pemerintah Myanmar untuk mengakhiri kekejaman dan kejahatan yang menyebabkan kematian Muslim dan perpindahan ribuan orang Myanmar," kata Safari.  "Kami juga meminta pemerintah Myanmar untuk menciptakan suasana tenang dan damai bagi warga Muslim Myanmar."

Diplomat Iran itu juga berterima kasih kepada pemerintah India yang memberikan tempat penampungan bagi umat Islam dari Myanmar dan mengakui mereka sebagai pengungsi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement