Jumat 02 Sep 2011 10:33 WIB

Putera Qadafi Ternyata Punya Bisnis Film di Hollywood

Al Saadi Khadafi
Foto: RNW
Al Saadi Khadafi

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES--Saadi Qadafi, putra ketiga dari pemimpin Libya Muammar Qadafi, ternyata punya bisnis film independen dengan sejumlah mitra di Hollywood. Hal ini terungkap dalam investigasi yang dilakukan LA Times.

Saadi Qadafi terbukti memiliki saham di perusahaan produksi Natural Selection sebesar 100 juta dolar AS. Perusahaan ini menargetkan membuat 21 film dalam waktu lima tahun, sejak 2009. Mitra di AS Saadi adalah Matty Beckerman, seorang Yahudi.

Dua tahun lalu, Saadi dan Natural Selection malah ikut Toronto International Film Festival. Sejumlah film yang diproduksi oleh Natural Selection adalah film horor 'Isolation'. Pemeran film ini adalah putri artis terkenal Susan Sarandon, Eva Amurri.

Saadi dikabarkan ikut dalam shooting film ini di kursi produser. Kru film mengaku ingat ada kursi produser dengan nama Qadafi. Tetapi film ini gagal di pasaran dan langsung terjun ke ranah video. Saadi sempat berencana menggaet bintang tenar Mickey Rourke untuk film selanjutnya, tapi ini tak terlaksana. Dengan krisis Libya saat ini, pemerintah AS kemudian membekukan Natural Selection.

Sejumlah produser mengatakan, ketika Saadi memulai bisnis filmnya, ia mengatakan pada pelaku film Hollywood bahwa minat Libya ke industri film AS tak sekadar bisnis. Tapi juga menunjukkan Libya ingin menjadi negara modern dan masyarakat yang terbuka, toleran, dan berpikiran maju.

sumber : LA Times
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement