Selasa 06 Nov 2012 18:53 WIB

AS: Haqqani Masuk Daftar Hitam PBB

Susan Rice
Foto: AP
Susan Rice

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Komite Sanksi Taliban di Dewan Keamanan PBB, Senin (5/11), menegaskan jaringan Haqqani masuk daftar hitam PBB. Haqqani berpusat di Pakistan dan dituduh melancarkan serangan di Afghanistan.

Komite Dewan Keamanan tersebut juga memasukkan nama Qari Zakir dalam daftar hitam. Zakir merupakan komandan operasi Haqqani yang terlibat dalam banyak serangan bunuh diri oleh jaringan itu.

"Sanksi ini mewajibkan semua negara anggota PBB untuk melakukan pembekuan aset, larangan perjalanan dan embargo senjata terhadap (Qari) Zakir dan Jaringan Haqqani," kata Duta Besar AS untuk PBB, Susan Rice, dalam satu pernyataan.

Amerika Serikat mengincar jaringan Haqqani sebagai organisasi teroris pada September. Para pejabat AS telah lama menuduh Pakistan mendukung jaringan tersebut. Tuduhan yang dibantah oleh Islamabad.

Anggota Haqqani, yang bersekutu dengan Taliban Afghanistan, adalah petempur paling berpengalaman di Afghanistan. Mereka telah melancarkan beberapa serangan tak kenal takut terhadap sasaran Barat.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement