Jumat 22 Feb 2013 20:13 WIB

Cina: Pernyataan PM Jepang Picu Konfrontasi

PM Jepang Shinzo Abe
Foto: Reuters
PM Jepang Shinzo Abe

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pemerintah Cina memrotes keras pernyataan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang menyebut Beijing memiliki karakteristik yang mendalam, yakni berselisih dengan sejumlah negara tetangga terkait teritorial.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei di Beijing, Jumat (22/2) mengatakan "Cina sangat tidak senang dengan pernyataan pemimpin Jepang tersebut yang bias, menyerang dan mempermalukan Cina serta memicu konfrontasi,".

Perdana Menteri Abe menyatakan itu dalam wawancara dengan Harian Washington Post dalam kunjungan resminya ke Amerika Serikat Kamis.

Dalam wawancara itu, Abe menyatakan Cina kerap berselisih dengan Jepang dan negara lainnya terkait sengketa teritorial agar Partai Komunis Cina tetap mendapatkan dukungan kuat secara politik dari publik dalam negeri.

Hong mendesak Pemimpin Jepang memperbaiki pandangannya tentang Cina, membangun kebijakan yang positif dengan Beijing, bersikap tulus dalam membangun serta meningkatkan hubungan bilateral yang baik dengan Cina.

Ia menegaskan kegiatan maritim yang dilakukan Cina di wilayahnya selalu berdasar pada hukum nasional dan internasional, termasuk di wilayah Cina di Laut Cina Timur dan Laut Cina Selatan.

Hong menilai Jepang kerap menyatakan Cina sebagai ancaman untuk menyesatkan opini internasional dan menciptakan instabilitas kawasan dengan maksud tersembunyi.

Ia mengingatkan sebaiknya Jepang lebih banyak meningkatkan upaya untuk meraih kepercayaan politis dan keamanan secara bilateral guna menciptakan stabilitas dan keamanan regional.

Cina dan Jepang telah berselisih mengenai gugusan pulau di Laut Cina Timur. Kedua negara mengklaim diri sebagai pemilik kepulauan itu. Pulau yang ditengarai memiliki sumber daya alam melimpah itu diklaim Cina sebagai kepulauan Diaoyu, dan Jepang menyebutnya Senkaku.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement