Rabu 27 May 2015 06:49 WIB
Pengungsi Rohingya

Empat Hal yang Selalu Ditanyakan Seputar Muslim Rohingya

Pengungsi Rohingya di Lhoksukon, Aceh.
Foto:

Tidak jelas berapa banyak Muslim Rohingya tewas secara langsung karena kekerasan di Burma. Namun perkiraan jumlah korban tewas mencapai antara 200 hingga 300 orang sejak 2011.

140 ribu Muslim kini hidup di kamp-kamp pengungsi, lebih dari 86.000 orang telah melarikan diri menggunakan kapal sejak 2012. Mereka yang tak kuat ditindas, berusaha bermigrasi ke Thailand, Malaysia atau Indonesia. 

PBB, dalam sebuah laporan menyatakan 615 orang meninggal dalam eksodus mengerikan itu sejak 2013. Beberapa migran yang tiba dengan selamat, yang bernasib tragis, konon dibawa ke kamp penyelundup di mana mereka ditahan dan diminta tebusan dari keluarga mereka. Wajar jika ditemukan sejumlah kuburan massal di sejumlah negara.

Beberapa Rohingya dilaporkan menghabiskan hidup berbulan-bulan di kandang sempit. Pemukulan mereka terima sampai mereka mati. Sementara itu, menurut UNHCR, 3.500 migran masih terdampar di kapal di Teluk Benggala dan Laut Andaman dengan tidak ada negara yang bersedia untuk membawa mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement