Rabu 27 May 2015 06:49 WIB
Pengungsi Rohingya

Empat Hal yang Selalu Ditanyakan Seputar Muslim Rohingya

Pengungsi Rohingya di Lhoksukon, Aceh.
Foto:

Banyak Muslim Rohingya hidup di Burma bagian Barat, Burma juga dikenal sebagai Myanmar. Mayoritas Muslim Rohingya berada di bagian utara negara bagian Rakhine, sebuah wilayah yang berbatasan dengan Bangladesh dan Teluk Benggala.

Banyaknya Muslim Rohingya yang tinggal di sana mewujud dalam laporan yang bervariasi. Tetapi kebanyakan berkisar antara satu juta hingga 1,5 juta kepala. Dari sejumlah itu, beberapa ratus ribu telah melarikan diri dari Burma menuju Bangladesh, Arab Saudi, Pakistan, Thailand atau Malaysia.

Keengganan pemerintah untuk menawarkan tempat tinggal yang aman bersama warga lainnya, karena keyakinan negara yang menganggap mereka adalah imigran ilegal. Meskipun Rohingya dapat melacak nenek moyang mereka berasal dari Myanmar sejak abad ke delapan, pemerintah yakin mereka datang dari Bangladesh dan tidak layak memiliki kewarganegaraan Myanmar.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement