Sabtu 15 Aug 2015 10:25 WIB

Coba Lintasi Perbatasan Turki, Tiga Orang Ditembak Mati

Ambulans meninggalkan pos militer Dag yang diserang ISIS di perbatasan Turki-Suriah.
Foto: reuters
Ambulans meninggalkan pos militer Dag yang diserang ISIS di perbatasan Turki-Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS -- Penjaga perbatasan Turki menembak hingga tewas tiga orang dan melukai 10 orang lagi yang berusaha menyeberangi perbatasan dan memasuki wilayah Turki dan Suriah, kata satu kelompok pemantau pada Jumat (14/8).

Seorang perempuan dan remaja yang berusia 19 tahun termasuk di antara ketiga orang yang tewas ketika mereka berusaha menyeberang dari Kota Tal Abyad di perbatasan Suriah, kata Observatorium Suriah bagi Hak Asasi Manusia, dengan mengutip beberapa sumber.

"Mundur dan berbalik," kata beberapa penjaga perbatasan Turki kepada orang yang diduga telah berusaha mengungsi sebelum mereka melepaskan tembakan ke arah penerobos perbatasan itu.

Jalur perbatasan tidak resmi menuju Turki sejak dulu menjadi sasaran bagi mereka yang ingin mengungsi ke Turki, atau menggunakan negara tersebut sebagai batu loncatan untuk sampai ke Eropa dan mengungsi di sana. Perbatasan itu bukan hanya digunakan oleh pengungsi.

Gerilyawan garis keras dari berbagai belahan dunia memasuki Suriah melalui Turki sebelum Pemerintah Ankara memutuskan memperketat pengawasan atas perbatasannya dan bergabung dengan koalisi untuk melawan ISIS.

Peristiwa pada Jumat bukan yang pertama. Dua peristiwa penembakan ke arah calon pengungsi dilaporkan selama satu bulan belakangan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement