Selasa 29 Mar 2016 18:27 WIB

Wanita Petani Muslim Maroko yang Jadi Tokoh Penting Prancis

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ilham
Najat Vallaud-Belkacem
Foto:

Najat adalah seorang politikus sosialis Prancis. Pada 25 Agustus 2014, ia menjadi wanita Prancis pertama yang ditunjuk sebagai menteri pendidikan, pendidikan tinggi dan penelitian.

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai menteri urusan perempuan, menteri luar kota, mMenteri pemuda dan olahraga dan juru bicara pemerintah. Ia juga sempat menjadi juru bicara kampanye Kerajaan Ségolène selama pemilihan presiden Prancis pada 2007.

Ia lulus dari Institut d'études politiques de Paris (Institut Studi Politik Paris) pada 2002. Di institut tersebut, ia bertemu Boris Vallaud dan menikah pada 27 Agustus 2005.

Ia bergabung dengan Partai Sosialis pada 2002 dan tim wali kota Lyon Gérard Collomb pada 2003. Tindakannya tersebut dilakukan untuk memperkuat demokrasi lokal, memerangi diskriminasi, promosi hak-hak warga negara, dan akses pekerjaan dan perumahan.

Anak kedua dari tujuh bersaudara ini lahir di pedesaan Maroko pada 1977 di Bni Chiker, sebuah desa nearNador di wilayah Rif. Rumah masa kecilnya merupakan rumah pertanian terpencil dengan dinding tanah merah dan atap jerami.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement