Rabu 22 Jun 2016 06:32 WIB

Sejarah Hari Ini: Pesawat Air France Meledak, Seluruh Penumpang Tewas

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Air France
Foto: Hollywoodstar
Film Fast and Furious

The Fast and Furious, film aksi yang mengisahkan tentang balap jalanan liar serta perampokan untuk pertama kalinya dirilis di bioskop pada 22 Juni 2001. Film ini diputar serentak di seluruh Amerika Serikat (AS) saat itu.

Film yang disutradarai oleh Rob Cohen ini mengisahkan tentang seorang polisi bernama Brian O' Connor (Paul Walker) yang menyamar sebagai peserta balap liar di Los Angeles. Ia mencoba mencari tersangka perampokan sebuah truk besar. Tujuan pelaku adalah agar bagian dari truk dapat digunakan untuk memodifikasi mobil.

Sebagai pembuka film, O'Connor diperlihatkan tengah mengendarai mobil Mitsubishi Eclipse berwarna hijau terang. Ia menyetir dengan kencang menuju sebuah tempat parkir dekat dengan Stadium Dodger.

Kemudian, ia bertemu dengan Dominic Toretto (Vin Diesel),  ketua dari kelompok yang diduga sebagai tersangka perampokan. Diperlihatkan kemampuan balap Toretto begitu mengagumkan dan sangat mendominasi pertandingan ilegal tersebut.

Film yang hingga saat ini dilanjutkan dengan seri ke-7 itu pada awalnya diadaptasi dari sebuah artikel tentang balapan jalanan berjudul Racer X. Artikel ini ditulis oleh Kenneth Li dan diterbitkan di majalah Vibe pada 1998.

Balap jalanan merupakan suatu olahraga populer yang dilakukan di awal 1990-an di banyak jalan raya di California Selatan. Meski ilegal, banyak yang sangat berminat untuk menjadi peserta, bahkan rata-rata tidak hanya berasal dari AS, namun juga orang Asia yang tinggal di negara itu.

Fast and Furious mencetak kesuksesan dengan banyaknya jumlah penonton di seluruh dunia. Begitupun dengan sekuel selanjutnya yang terus menampilkan bintang utama yaitu Walker, Diesel, dan Michele Rodriguez.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement